Tuesday 11 January 2011 - 3 comments

Saat Kita Ga Mensyukuri Apa yang Kita Punya

Pernah ga sih kalian suka ngerasa ga puas dengan apa yang udah dikasih sama Yang Maha Pengasih ? Pasti ada deh yang suka ngeluh . Yang gendut mau kurus, yang kurus mau gendut, yang item mau putih, yang putih mau item, yang pendek mau tinggi, yang lurus mau keriting, yang keriting mau lurus, pokoknya kalian selalu ga puas dengan kondisi kalian dan selalu ngebandingin fisik kalian ke temen kalian yang menurut kalian fisik nya sempurna . Yang kalian ga tau, bisa jadi temen kalian itu juga ngerasain yang kalian rasain .

Dulu gw pernah pengen banget punya rambut lurus halus tergerai bak bintang iklan sampo karena rambut gw keriting keribo dan agak susah diatur . Terus gw nyoba buat ngerebonding rambut gw dan ternyata hasilnya ga memuaskan . Rambut gw jdi aneh dan gampang rontok . Sekarang rasanya nyesel pernah ngerebonding rambut gw .

Kulit gw yang cendrung gelap pun juga bikin gw memutuskan untuk nyoba mutihin kulit ke dokter kecantikan . Hasil awal terlihat sempurna, kulit wajah gw jdi putihan dan halus . Tapi begitu obat nya abis, lambat laun pesona putih wajah gw pun luntur . Garagara itu gw jdi ketagihan tiap muka gw mulai keliatan kusam gw selalu ke dokter kecantikan . Sialnya biaya perawatan nya mahal banget . Lama-lama gw bosen juga mesti bolak-balik ke dokter dan muka gw mulai sering dihiasi jerawat yang bertaburan layaknya bintang yang selalu menghiasi malam .

Untuk masalah berat badan, lagi-lagi ga puas dengan kondisi badan gw yang gendut ini . Berat gw 70kg dengan tinggi badan gw yang cuma sebatas 160cm . Overweight maaann . . . Sebenernya banyak jga temen gw yang badan nya lebih gendut dari gw . Tapi tetep aja ya bosen gw dibilang gendut sama sodara-sodara gw kalo ada acara kumpul keluarga , dicengin sama temen-temen gw yang kurus , dikecewain sama cowo-cowo yang lebih suka cewe kurus tinggi langsing putih rambut lurus , susah nyari ukuran baju dan celana yang pas buat gw , terlebih lagi tiap gw difoto bareng tementemen gw yang kurus berasa mirip babon gw dan temen-temen kampus gw yang tadinya gendut sekarang mulai menampakan perubahan bentuk tubuh mereka menjadi lumayan kurus . Hal ini yang bikin gw bertekad gue harus kurus !!!

Sampe akhirnya ada temen nya temen gw yang nawarin obat kurus . Harganya udah pasti ga murah tapi 'khasiat' obatnya yang katanya bikin berat badan turun 8-10 kg dalam waktu 1 bulan aja tanpa harus olahraga dan diet dan juga tanpa efek samping kecuali lo berasa haus dan dehidrasi . Jadi itu obat sama aja kayak kita terapi air putih dan mengurangi nafsu makan . Nah gw yang emang terobsesi buat kurus akhirnya memutuskan untuk nyoba obat itu dengan harapan gw bisa langsing dalam kurun waktu 2 bulan saja .

Hari pertama gw nyoba obat nya udah mulai bekerja . Gw ga ngerasain laper sama sekali tapi hausnya parah bangetbangetan . Bikin gw harus selalu beli akua biar ga dehidrasi . 3 hari nyoba obatnya berat badan gw turun 3 kilo sampe akhirnya seminggu gw coba berat gw turun 4 kilo . 3 hari kemudian mulai tampak gejala aneh, kepala gw jadi sering pusing kalo pergi jauh naik mobil perut mual pengen muntah tapi begitu udah siap muntah malah yang keluar cuma suara "grooookkk" . Awalnya sih gue kira gue emang masuk angin karena sering pergi selama seminggu tanpa istirahat di rumah jadi masih nyantai aja ga mikirin kalau itu dampak obatnya .

Sampai akhirnya setelah 2 minggu gue pakai itu obat, gue kembali ngerasa aneh . Jadi sering sesak napas . Tadinya gue pikir asma gue kambuh karena kecapean . Biasanya kalau udah kecapean banget asma gue emang suka kambuh tapi yang aneh napas gue ga bunyi layaknya orang sakit asma . Gue nyoba pake obat semprot asma gue padahal terakhir kali gue pake obat semprot asma itu udah lama banget pas jaman gue SD karena nyokap takut gue ketergantungan pake obat semprotnya . Di samping itu gue juga minum obat asma yang biasa gue minum dan hasilnya nihil . Gue tetep berasa sesak napas . Akhirnya nyokap nyaranin untuk pergi ke dokter biar semuanya jelas.

Nyampe di Rumah Sakit, ternyata dokternya belom dateng padahal harusnya dia ada praktek jam 1/2 4 sore . Tapi karena pasien penyakit parunya jarang, dokternya jadi belum ada di tempat dan baru dateng setelah maghrib . Bayangin aja gue udah sesek napas dan harus nunggu dokternya sampe abis maghrib . Pasien nya keburu mati tu dokter baru dateng kali ya . Nyokap akhirnya balik ke kantor buat absen pulang dan gue ditinggal sendirian di rumah sakit . Sekitar jam 5 sore, gue bener-bener ngerasa kedinginan teramat sangat, napas gue udah satu-satu , ngetik sms aja udah sampe gemeteran . Udah berasa mau mati aja gue sumpah takut banget meeennn . . . Jam 1/2 7 dokter belom dateng juga tapi untungnya nyokap gue udah dateng dan kondisi gue semakin mengenaskan . Tangan gue keram, muka gue dari sudut mata, hidung dan mulut berasa kena sengatan listrik, kaki gue udah mati rasa . Saking takutnya sampai nangis gue . Nyokap ngusap-ngusap tangan gue biar hangat dan ngilangin rasa keramnya sambil nyuapin gue beberapa sendok soto ayam biar perut gue ada isinya . Hari itu emang gue baru makan saat sarapan pagi aja .

Setelah penantian yang cukup lama, dokter dateng dan gue ceritain masalah diet gue sampe malu sendiri . Setelah diperiksa sama dokter, dokter nyimpulin kalau sesak napas gue emang bukan berasal dari asma tapi dari obat diet gue itu karena napas gue ga bunyi waktu didengerin lewat stetoskop . Kata dokter, karena perut gue kosong jadi ga ada kalori yang bisa dibakar dan akhirnya antara otot dada dan otot perut saling tarik sampai akhirnya melintir dan mengganggu jalan pernapasan yang bikin gue sesak napas . Dokter nyaranin kalau emang mau kurus mending olah raga atau puasa tiap senin kamis daripada minum obat begituan malah bahaya . Oke dok, saya kapok minum begituan saya ngikutin saran dokter aja deh .

2 hari semenjak gue berhenti make obat diet itu, berat gue balik lagi seperti semula . Tapi ntah kenapa gue ga nyesel . Sekarang gue lebih mensyukuri kondisi badan gue yang seperti ini . Biar deh gue gendut asal gue sehat itu udah lebih dari cukup . Selama ini gue emang lebih sering "ngeliat ke atas" ke orang-orang yang gue rasa hidupnya lebih baik dari gue jadi bawaan nya gue iri terus dan ga puas sama apa yang udah gue dapet . Makanya mulai dari sekarang gue harus belajar untuk "lihat ke bawah" ke orang-orang yang hidupnya kurang beruntung dari gue biar gue bisa selalu bersyukur dengan apa yang gue dapet sekarang ini .



Lotta Love,

3 comments:

Nevita Indah January 19, 2011 6:25 pm

samaaa sapii, kita orang sekarang udah ga obssessed untuk kinclong nih kulit, cm yg sulit irian aja nih haahahahah

Anonymous January 20, 2011 12:34 pm

Gak lagi2 deh gue ngasih info buat diet2an! Huh :/ kalo ampe lo kenapa2 gue yang ga bakal maafin diri gue jeng! berkali2 gue blg gini! Ga akannn!! Gaa akannn gue kasih info yg aneh2 lagii :/

you are beautiful just the way you are, jeng! :*

Ajeng Aryanti January 30, 2011 2:02 pm

nevi : hahahaha masa siiyyhh ???. kemaren ente masih tertarik nyoba pil pemutih sperti punya temen lo itu perasaan :p

Rebby : iya rebb iyaaa . . . skarang mending jaga pola makan sehat aja lah gue dripda make obatobatan gitu

Post a Comment