Saturday 12 February 2011 - 0 comments

Magang is Killing Me Softly

Kira-kira udah 4 hari gue ngejalanin masa magang gue di RS Haji Jakarta . Ntah kenapa gue berasa super duper useless magang di sini . 4 hari yang kemarin itu gue di tempatin di bagian Komite Medik . Kerjaan gue di Komite Medik 'cuma' bantuin bikin surat-surat semacem surat undangan rapat para dokter, surat izin bagi dokter yang ga bisa praktek, surat lamaran dokter tamu, jawaban surat lamaran dokter tamu, dsb . Kerjaan gue ga banyak dan biasanya ga nyampe 10 menit udah kelar karena bagi-bagi tugas sama partner magang gue si R .

Karyawan di bagian Komite Medik rata-rata baik dan bantu gue buat kerja tapi yang bikin gue ga betah di sini tuh TIAP HARI gue sama partner gue ditinggal di ruangan itu sendirian sama mbak D yang mana dia penanggung jawab ruangan itu . Karena kerjaan gue ga banyak dan dibagi-bagi akhirnya cepet selesai dan kegiatan selanjutnya cuma bengang-bengong nungguin ruangan itu . Yang ga enak nya itu tiap ada dokter ke ruangan nanyain mbak D dan mbak D nya lagi ga ada di tempat. Bingung juga ngejelasin ke dokternya kita magang di situ karena kita sendiri BELOM DAPET IZIN pastinya untuk magang di Komite Medik !!!. Hebat sekali bukan, udah hari di mulainya magang tapi kita masih belom dapet izin juga untuk kerja di satu unit RS !!!. Gara-gara sering ditinggal sama mbak D, jam pulang gue jadi ga teratur . Biasanya gue pulang kalau mbak D udah balik lagi ke ruangan yang mana ga tentu balik nya kapan . Mbak D sih bilang kalau gue mau pulang ya pulang aja tapi ya gue cukup tau diri lah ga enak gitu tiba-tiba langsung ngeloyor pulang .

Kekesalan kedua gue terletak pada si R, partner gue . Dia itu serba ga berani untuk maju duluan. Kasus pertama : gatau kenapa dia selalu berusaha buat 'ngumpet' tiap ada dokter yang masuk ke ruangan nyariin mbak D. Udah tau gue punya masalah sama pendengaran gue, bukan nya bantuin gue buat jelasin ke dokternya malah ngumpet . Kasus Kedua : hari kedua kita magang, kita kan harus nunggu mbak D nya dateng dulu ke ruangan karena gue aga sungkan juga untuk langsung masuk ke ruangan yang mana kita belom dapet izin resminya. kita jam 8 udah nyampe RS Haji tapi ternyata mbaknya baru nyampe sekitar jam 1/2 10 . Dan dari jam 8 sampe 1/2 10 itu si R uring-uringan nanyain ke gue mulu mbaknya mana, gue yg disuruh smsin mbaknya trus lah nanya dimana . Lah dia pikir dia siapa nyuruh-nyuruh gue??? smsin aja sendiri sono !!!. Kasus ketiga : Waktu itu kita di suruh keliling ruangan rawat inap, rawat jalan, UGD sama ICU buat ngasih lembaran dokter yang izin ga dateng praktek sama tabloid kedokteran gitu kalo ga salah. Nah dia ini takut jalan duluan masuk ke tiap ruangan cuma buat ngasih kertas lembaran itu doang . Jadi dia sok-sok jalan pelan di belakang gue biar gue yang maju duluan . Bahkan dia ga berani masuk duluan selalu nunggu gue yang jalan duluan ke ruang komite medik yang mana letaknya agak terpencil harus lewat ruang MCU . Sumpah ga ngerti deh gue sama tu orang . Bodo amat lah miggu depan gue mau minta pindah tempat aja . Terserah dia mau ngapain !!!

Masalah ketiga berhubungan dengan pembimbing lapangan yang mana sampai detik ini gue masih gatau siapa pembimbing lapangan gue !!!!. Setau gue nih ya yang namanya Pembimbing Lapangan (PL) itu kan harusnya dari awal kita mau magang udah dikasih tauin siapa PL kita dan natinya PL kita itu yang nentuin kita mau dipekerjakan dibagian mana nya RS tersebut . Tapiii . . . menurut orang yang ngurusin para pemagang dari awal, tiap-tiap unit di RS Haji itu ada PL nya . Jadi nanti kita yang mutusin mau di magang di unit mana baru setelah itu dikasih tau PL unit tersebut siapa . Rancu banget ini info nya . Ga ngerti lah gue .

Yang terakhir masalah L-A-P-O-R-A-N M-A-N-A-J-E-R-I-A-L . Di buku panduan magang, disebutkan bahwa laporan manajerial itu HARUS dikumpulkan tiap 2 minggu sekali ke pembimbing lapangan yang sampe detik ini gue masih gatau siapa pembimbing lapangan gue :( . Kerjaan gue yang ga sesuai seperti yang diperintahkan di buku panduan magang bikin gue bingung apa yang mesti gue laporin di laporan manajerial gue . Sementara temen-temen gue udah pada mulai berkutat dengan laporan manajerial mereka, gue masih gatau apa yang mesti gue tulis . Dan sekarang gue super duper setres ngadepin nasip gue di semester 6 ini . Rasanya berat banget untuk gue jalanin . Mana gue orangnya gampang panik lagi, kepikiran semuanya jadi bikin kepala cenatcenut bgini .

Doain ya semoga gue dikasih kelancaran selama masa-masa magang ini, kelancaran bikin laporan manajerial, kelancaran bikin laporan magang, kelancaran dalam menemukan suatu kasus yang harus gue taro di laporan magang, kelancaran dalam mempresentasikan laporan magang, juga kelancaran dalam menjawab pertanyaan yang diajukan saat sidang akhir :)



Lotta Love,


0 comments:

Post a Comment