Wednesday 17 August 2011 - 2 comments

Escape to Karimun Jawa #1

Di mana tuh Karimun Jawa ?. Emang ada apaan sih di Karimun Jawa ??. Itulah 2 pertanyaan yang paling sering dilontarkan oleh beberapa orang saat gue membicarakan rencana liburan gue selanjutnya ke Karimun Jawa. Memang ada sebagian orang yang belum mengenal Karimun Jawa dan keindahan yang ditawarkan oleh sebuah pulau kecil di Laut Utara Pulau Jawa ini. Berbekal dari mencari-cari informasi seputar karimun jawa sama mbah google, jadilah liburan semester genap ini gue meluncur ke Karimun Jawa. Peserta awal yang mau ikut lumayan banyak sekitar 6 orang dan seperti biasa mendekati hari H mulailah berguguran hingga tersisa hanya 3 orang saja yaitu gue, Nevi dan adek gue , Gowie. Karena rasanya kurang seru kalau cuma bertiga orang aja, jadilah gue ngajakin sobit gue, Rebby, untuk ikutan secara mendadak yang langsung disanggupin doi. Jangan tanya lah kenapa doi sanggup diajakin mendadak begitu. hahaha.

Untuk ke karimun jawa ini, kita menggunakan jasa Paradise Tour Karimun Jawa untuk membimbing kita selama di Karimun Jawa. Kita pake paket 4 hari 3 malam yang berubah jadi 3 hari 2 malam dengan biaya Rp475.000; all in. Ya jujur aja sih menurut gue biaya untuk paket ini lumayan mahal. Tapi ya udah lah gue juga agak males untuk nyari travel agent yang lain udah mepet juga kan gara-gara nunggu kepastian rombongan yang akhirnya pada gajadi itu. Dp pembayaran udah gue bayar tinggal pesen tiket untuk ke Jogja karena berhubung Gowie ngekost di Jogja dan gue harus jemput doi dulu sebelum kita berangkat ke Karimun Jawa jadinya gue harus ke Jogja dulu. Rebby yang emang buta daerah jawa memilih ikut breng gue . Sialnya, gue lupa kalo saat itu lagi peak season yang mana bakal susah banget kalao mau nyari tiket dan harusnya pesen tiket dari berminggu-minggu sbelum keberangkatan. Tiket kereta ekonomi dan bisnis sold out semua. Untungnya bokap gue super baik bangeeettt . . . dicarikannyalah tiket kereta untuk gue sama Rebby ke Jogja. Bokap dapet tiket dari calo dengan harga tiket Rp500.000;/tiket. Mahaaalll geeelllaaa . . . tapi ya berhubung dibeliin sama bokap gue ya oke aja lah yang penting jalan ke jogja hahahaha. Sementara nevi, berhubung dia masih disibukkan dengan tugas kuliahnya akhirnya dia memilih untuk nyusul kita ke jogja naik bis karena seperti kita juga ga dapet tiket bisnis. Niat awal mau backpackeran tapi ternyata jadi semi backpacker gara-gara transportnya naik serba eksekutif. Namanya juga amatir bukannya mikirin transportnya dulu malah mikirin biaya di sana nya jadi ketar-ketir sendiri. Hahahaha.

Sabtu, 25 Juni 2011. Gue sama Rebby berangkat ke Jogja naik kreta jam 9 pagi dan sampe jogja sekitar jam 5 sore. Ga ada yang istimewa selama perjalanan Jakarta-Jogja dengan naik kereta ini selain pemandangan sawah yang membentang luas di kiri-kanan. Setibanya di Stasiun Tugu Jogja langsung menuju tempat pemesanan tiket pulang. Pas banget begitu kita pesen ternyata tinggal sisa 3 tiket kelas bisnis fajar utama tanggal 3 Juli 2011 padahal sebelumnya di layar informasi tanggal segitu tiketnya udah sold out. Abis beli tiket langsung meluncur ke kost-annya Gowie buat bersih-bersih. Malamnya, nemenin Rebby jalan-jalan mengenal kota Jogja dengan nyewa motor di deket kost-an Gowie seharga Rp25.000; per 12 jam + Rp5.000; bensin 1 liter. Setelah makan malam di spesial sambal, kita meluncur ke alun-alun utara kraton Jogja nyobain jalan lewatin pohon beringin dengan mata tertutup. Di sini ada yang nyewain penutup matanya seharga Rp5.000; tapi karena kita ga mau rugi akhirnya kita pake syalnya rebby buat nutupin mata. hehehe. Sayangnya untuk dokumentasi di pohon beringin ini tiba-tiba saja kehapus dengan misterius di digicam gue. Mistis emang. hiiyyy. Kita juga nyobain muter-muter alun-alun utara kraton pake sepeda tandem bertiga 3x putaran seharga Rp20.000;. Sempet ganti sepeda 3x gara-gara sepedanya rusak, yang stangnya ga bener lah, ga ada remnya lah sampe rantainya tiba-tiba putus di jalan. Susah juga ngendarain sepeda ini bertigaan karena yang belakang ga kompak mana jalannya lumayan macet pula. Untung gue jago naik sepeda ga kaya Rebby atau Gowie yang ga becus bawanya jadilah kita olahraga malem hari. Lumayan menghasilkan keringat. Hahahaha.

sepeda tandem yang bikin olahraga mal
em

Karena malam sudah semakin larut dan kita punya rencana untuk jalan-jalan keesokan harinya, jadinya kita memutuskan untuk kembali ke kost-annya Gowie untuk istirahat.

Minggu, 26 Juni 2011,
1st destination : Pagi-pagi bangunin si Rebby buat balikin motor yang kemaren kita pinjem susahnya minta ampuuunn. Abis balikin motor terus mapir ke Sunday Morning Market UGM beli kain bali sama sarapan. Semacam pasar pagi gitu di sepanjang jalan UGM jualan macam-macam dari pakaian dalam, baju, mainan anak-anak, makana-minuman, macem-macem lah pokoknya. Sekitar jam 10an kita pun memulai perjalanan kita dengan tujuan wisata pertama ke candi prambanan dengan naik bis kecil (metromini) Rp2.000; dilanjutkan dengan trans jogja (transjog) sampai depan prambanan Rp3.000; . Jalan kaki dari shelter tranjog ke pintu masuk prambanan lumayan jauh juga bro mana saat itu panas terik pula. Tapi namanya juga backpacker tetep ga boleh ngelu ya :). Sampai di loket prambanan ternyata ada paket ke ratu boko juga + mobil antar jemputnya seharga Rp30.000; Mumpung masih di Jogja jadi sekalian lah kita ambil yang paket ke Ratu Boko juga.

Sekilas tentang candi prambanan, Candi Prambanan dibangun pada abad ke-10 pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Memiliki 3 candi utama yaitu candi Wisnu, Brahma dan Siwa yang merupakan lambang trimurti kepercayaan Hindu. Menurut legenda di buku-buku sejarah, ada seorang lelaki bernama Bandung Bondowoso yang mencintai Roro Jonggrang. Roro Jonggrang memberi syarat kepada Bandung Bondowoso untuk membangun 1000 candi dalam 1 malam. Bandung Bondowoso mulai membangun candi dengan dibantu oleh makhluk halus. Menjelang pagi, Bandung Bondowoso hampir menyelesaikan permintaan Roro Joggrang. Roro Jonggrang yang tidak mencintai Bandung Bondowoso berencana untuk menggagalkan pembuatan candi tersebut dengan meminta dayang-dayangnya membuat suara gaduh menumbuk padi seperti suasana di pagi hari. Makhluk halus yang membantu Bandung Bondowoso kemudian menghilang setelah mendengar suara gaduh tersebut. Candi yang dibangun oleh Bandung Bondowoso baru berjumlah 999 candi dan kurang 1 candi lagi. Saat Bandung Bondowoso menyadari kecurangan Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso pun mengutuk Roro Jonggrang menjadi candi yang keseribu. Arca Roro Jonggrang (Arca durga) ini terletak di dalam Candi Siwa yang merupakan candi paling tinggi.

2nd Destination : Setelah lelah muterin Prambanan dan foto-foto norak, kita pun diangkut sama mobil jemputan yang menuju ke Istana Ratu Boko. 1 mobil isinya ternyata cuma kita bertiga aja nih. Hahahaha. Tapi lumayan jadi bisa sambil tanya-tanya ke supirnya mengenai Istana Ratu Boko ini. Jarak Prambanan ke Ratu Boko lumayan jauh juga sekitar 3 kilometer. Waktu kita ke sana udah sore banget ya sekitar jam 4an jadi pengunjungnya juga ga terlalu banyak. Di komplek istana ratu boko ini juga ada kandang rusa nya jadi bisa iseng ngasih makan rusa . Hehehehe.

Halloo Rusa :*

papan informasi mengenai Istana Ratu Boko

Sekilas mengenai Istana Ratu Boko, komplek istana ini pertama kali ditemukan oleh van Boeckhlotz pada tahun 1790. Istana ini dibangun pada abad 9 M oleh Dinasti Syailendra. Fungsi dari istana ratu boko itu sendiri sampai sekarang masih dipertanyakan. Apakah tempat ini adalah sebuah kerajaan, biara, benteng atau tempat peristirahatan masih menjadi misteri yang ntah kapan misteri itu akan terungkap.

Di depan pintu masuk Ratu Boko kita juga bisa melihat sunset. Tapi karena kita pake kendaraan anter jemput dari Prambanan yang mana jemputan terakhir pukul 5 sore, dengan terpaksa kita pun meninggalkan komplek ratu boko ini dan kembali ke tempat penjemputan di Prambanan tadi.

3rd Destination : Setelah mengarungi 2 tempat tersebut udah pasti dong ya kita kelaperan, nah berhubung si Rebby lagi di Jogja, sayang dong kalo kita makan nya Kaefce atau mekdi. Jadilah gue ngajak dia ke tempat makan yang udah ga asing lagi di telinga orang-orang jogja yaitu The House of Raminten di daerah Kota Baru. Agak ribet sih transport ke raminten kalau ga bawa kendaraan. Naik transjog aja harus 2x naik belum lagi pas turun dari shelter transjognya ke Raminten harus jalan kaki lumayan jauh. Sekalian capek lah ya. Hehehehe.

Ini adalah kedua kalinya gue makan di Raminten. Tempatnya emang cozy buat kumpul-kumpul. Interiornya serba unik. Di bagian depan ada kereta kencananya juga loh yang bisa dinaikin di hari tertentu. Di bagian belakangnya ada kandang kudanya. Sempet kaget juga waktu mau ke toilet tiba-tiba ada kuda begitu hahaha. Tempat ini emang selalu penuh tapi tenang aja lo ga bakal mati garing nunggu yang lain selesai makan karena di bagian depan disediain ruang tunggu yang dilengkapi dengan plasma tv jadi ga bosen.

ini gelas apa akuarium ??? hahaha

Walaupun suasana restoran, tapi harga makanan nya murah-muraaahhh. Apalagi nasi kucingnya yang jadi menu andalan di sini cuma dihargain Rp3.000; saja belom lagi minumannya semacem es kelapa dan cendol dengan gelas sebesar bagong (ini beneran besar loh) cuma seharga Rp7.000; . Minum sampe kembung !!! hahahaha. Cuma pelayanan di sini emang kurang memuaskan, lumayan lama pesenan kita datang. Rasa makanan nya juga ya seperti nasi kucing di angkringan pinggir jalan. Tapi ya karena atmosfirnya menyenangkan, jadi ya enak-enak aja kalau makan dan kumpul di sini sampe lupa waktu.

Setelah dari Raminten kita kembali ke kost-an Gowie naik taksi karena di jogja kendaraan umum metromini tadi yang ke daerah kost-an Gowie cuma ada sampe jam 5 sore saja !!!. Menyusahkan emang kalau mau jalan-jalan malam di jogja ga punya kendaraan.

Di postingan selanjutnya, gue bakal nyeritain perjalanan kita dari Jogja menuju Karimun Jawa :)

Lotta Love,

Nevita Indah August 17, 2011 8:42 am

iriiiiiiiiii.. besok2 k jogja lagi, gw diajak jalan2 dooonggggggg.. hhahahah

Ajeng Aryanti August 20, 2011 3:07 am

HAHAHAHA . . . makanya kalo gue ajakin bareng sama gue tuh nurut ga usah sok-sokan nolak. hahahaha