Wednesday 17 August 2011 - 0 comments

Escape to Karimun Jawa #2

Mari kita lanjutkan postingan yang kemarin, Senin, 27 Juni 2011. Hari ini adalah dimulainya hari kita menuju Karimun Jawa. Rencana awal kita berangkat dari Jogja menuju Semarang untuk dilanjutkan lagi ke Jepara adalah paling lambat jam 6 pagi kita udah ngumpul semua di terminal Jombor. Awalnya Nevi yang nyusul kita ke Jogja seharusnya sekitar jam 5 pagi udah sampai di terminal Jombor jadi begitu Nevi sampai kita langsung cabut ke Semarang. Ternyata oh ternyata rencana tinggalah rencana. Jam 5 gue sms Nevi nanyain posisi dia sekarang di mana tapi cuma di bales gatau karena gelap. Jam 05.30 gue, Rebby dan Gowie udah rapih siap berangkat menuju Jombor setelah dengan susah payah gue bangunin kebo-kebo ini. Tiba-tiba nevi sms "Jeng, tebak gue sekarang lagi di mana?. di SEMARANG !!!". Ternyata bis yang dia naikin sebelum ke Jogja mampir ke Semarang dulu. Yastagaaa . . . gue suruh Nevi turun di Semarang aja biar doi ga bolakbalik karena kita rencananya dari jogja emang transit di Semarang dulu untuk dilanjutkan naik bis super kecil menuju Jepara. Tapi si Nevi ga mau sendirian di sana jadilah kita nungguin Nevi kurang lebih 3 jam untuk sampai ke Jogja.

Setelah 3 jam nungguin Nevi, barulah kita tancap gas menuju Jombor menemui anak ilang satu ini -___-". Sebelumnya kita sarapan di angkringan dulu dan beli beberapa perbekalan cemilan selama di jalan menuju Jepara. Jam 09.30 kita berangkat menuju Semarang menggunakan bis Ramayana seharga Rp35.000;. Selama perjalanan Jogja-Semarang kita habiskan dengan tidur di bis eh bangun-bangun udah nyampe semarang. Maklumlah kita pada kurang tidur semuanya. Kita sampai di Terminal Terboyo semarang sekitar jam 12 siang langsung nyari mushola untuk solat zuhur. Terminalnya emang agak serem juga banyak calo yang ngejar-ngejar ga seperti terminal Jombor di Jogja yang sepi dari calo. Ga kebayang kalo si Nevi beneran mau nungguin kita bertiga di sana sendiri. Hahahaha. Agak heran juga dengan terminal satu ini serba ditarikin biaya retribusi, 3 kali kita bayar biaya retribusi ntah biaya apaan aja ya walopun cuma ditarikin Rp500; cuma ya aneh lah biasanya di terminal Jakarta maupun Jogja ga ditarikin biaya begituan.

Perjalanan ke Jepara dari Semarang menggunakan bis semacam metromini. Super kecil yang kita julukin bis 1,5 kursi karena kursi penumpangnya yang untuk 2 orang cuma cukup untuk satu setengah orang yang mana orang yang duduk pinggir gang cuma kebagian setengah kursi nya aja. Per orang dikenakan tarif Rp12.000; tapi anehnya pas pulang dari Jepara menuju Semarang, gue ngasih ke kenek nya Rp50.000; untuk kita berempat dikembaliin Rp10.000; jadi per orangnya cuma Rp10.000; lebih murah dari waktu berangkat ke Jepara. Demi kenyamanan bersama, akhirnya kita berempat sepakat untuk duduk di kursi penumpang paling belakang. Ya lumayan lah seenggaknya semuanya dapat duduk walau sepanjang ditemukan jalanan yang ga rata, kita para penumpang kursi belakang ikut lompat-lompat dari kursi jadi bikin ketawa geli. Hahahaha.

keadaan di dalam metromini Semarang - Jepara

pak, sampeyan ga mandi berapa bulan ya ? :p

tetep narsis sepanjang perjalanan Semarang - Jepara

seburuk-buruknya tempat tetep bisa tidur juga

Kurang lebih kita sampai Jepara jam 3 sore dan turun di pertigaan menuju Pelabuhan Kartini tempat Homestay kita berada. Dari pertigaan menuju Pelabuhan Kartini ke Homestay Kota Baru ditempuh dengan menggunakan becak. Sialnya, kita dikerjain sama tukang becaknya. Biasanya dri pertigaan itu sampai Homestay paling mahal tarifnya cuma Rp10.000; per becak tapi pas kita ke sana tukang becaknya minta Rp20.000; per becak. Ditawar Rp15.000; juga mereka ga mau. Mana cuma ada 2 becak lagi yang ada di sana. Yaudalah daripada gempor jalan kaki akhirnya kita naik becak 20.000 itu sampai ke Homestay Kota Baru. Untuk yang mau tau tarif permalam homestay kota baru, bisa dilihat di sini.

Hello Jepara :)

Begitu sampai homestay dan melunasi pembayarannya gue baru sadar kalau uang di dompet gue tinggal Rp350.000; belom lagi itu uang untuk ngelunasin pembayaran travel agent paradise tour nya. Yang jaga homestay pun menawari diri untuk nganterin gue nyari atm di kota Jepara yang ternyata susahnya minta ampun. Setiap atm yang gue datengin rata-rata ga bisa 'memuntahkan' pundi-pundi rupiah yang gue butuhkan. Belom lagi keadaan kota Jepara yang suuuppeeerrr sepiii saking sepinya lo bisa kali ya tidur-tiduran di tengah jalan beneran bikin gue setres. Yang mana gue sebagai anak kota Jakarta yang terbiasa dengan hingarbingar perkotaan tidak biasa dihadapi dengan sunyi senyap kota Jepara ini. Sepinya Kota Jepara lebih seram dari sepinya malam hari di Jakarta gue rasa. Akhirnya setelah muter-muter kota Jepara dan nanya sana sini letak atm nya, pundi-pundi rupiah gue pun berhasil 'dimuntahkan' oleh salah satu mesin atm. Girangnya tidak terkira maannn . . . hahaha. Meskipun saat gue ke sana gue ngerasa kurang cocok dengan kesunyian kota Jepara ini, tapi kota ini merupakan pilihan yang tepat sekali kalau lo mau melipir sebentar dari keramaian dan hingar bingar kota Jakarta, dari jenuhnya macet di Jakarta. Ga ada kata macet kali ya di kamusnya masyarakat Jepara.

Oiya, ada kejadian yang beneran bikin gue takut banget di Jepara, yaitu waktu gue minta dianterin ke alfamart sama mas-mas yang nganterin gue buat beli air mineral botol 1.5 liter terus dianterin ke sebuah swalayan yang (juga) sepi. Begitu gue keluar dari toko swalayan itu tiba-tiba si mas nya menghilang secara misterius. Ga ada gitu aja loohh yaaa . . . gue yang beneran ga tau kota Jepara berasa jadi anak ilang. Gue panik super panik mana diliatin orang-orang lagi. Ntah mereka nyadar gue ini makhluk baru di Kota Jepara yang tersesat atau gimana . Gue bbm Rebby buat ngubungin mas nya suruh jemput gue, tapi mas nya ga bisa dihubungin. Gue juga coba ngubungin mas nya tapi tetep ga ada jawaban. Gue cuma bisa berdoa jangan sampe jadi orang ilang di Jepara. Ga lama kemudian mas nya 'nongol' gitu aja. Gue tanya doi kemana aja katanya doi dari tadi di situ aja ga kemana-kemana dia yang nungguin gue. Entah gue dikerjain sama masnya atau gimana, yang jelas saat itu juga badan gue rasanya lemes ga bergairah. Nyampe homestay gue langsung masuk kamar dan pengen tidur padahal anak-anak udah rewel ngajak makan karena pada kelaperan tapi gue sama sekali ga nafsu buat makan saat itu. Pokoknya ga ngerti deh gue. Gue juga bingung.

Selasa, 28 Juni 2011. Inilah hari yang kita tunggu-tunggu yaitu hari keberangkatan ke Karimun Jawa. Jam 6 kita udah siap menuju Pelabuhan Kartini yang hanya ditempuh dengan berjalan kaki saja dari Homestay. Sebelumnya kita sempet sarapan dulu di warung sekitar pelabuhan. Makanannya lumayan mahal di situ dibandingin makan angkringan di Jogja (hyaeyaaallaaaahhhh....). Kita janjian sama admin paradise tour di pelabuhan kartini jam 06.30 biar ga kesiangan dan dapet tempat duduk di kapal penyebrangan. Tadinya gue pikir bakal banyak rombongan yang ikut tapi ternyata yang pergi pagi itu cuma kita berempat dengan 2 admin tersebut. Untung kita masuk ke kapal lumayan pagi jadi masih dapet tempat duduk walaupun ga pewe tapi ya disyukuri saja. Di kapal ga sengaja gue ketemu sama temen SMA gue dulu yaitu Lisha, Agil dan Hanna. Ternyata pada mau liburan ke Karimun Jawa juga toohh . . . reuni kecil-kecilan :).

Foto perpisahan sama Homestay Kota Baru

siap mengarungi samudra :p

Perjalanan penyebrangan Jepara - Karimun Jawa memakan waktu cukup lama yaitu sekita 5-6 jam. Lumayan bikin pegel tuh belom lagi kursi tempat kita duduk di kapal kursi plastik yang keras gtu jadi ga santai buat tidur malah bikin leher gue sakit. Seperti perjalanan jalur laut yang sudah-sudah perjalanan ke Karimun Jawa ini juga bikin gue lumayan mabok walaupun ga sampe bikin gue numpahin semua isi perut tapi kepala rasanya pusing luar binasa. Ternyata antimo setengah tablet ga mempan buat gue. Tadinya mau minta nambah antimo ke Rebby yang bawa tapi takut diomelin sama doi katanya setengah aja cukup padahal waktu gue ke Tidung dulu, gue nenggak 2 tablet antimo sekaligus!!!. Untuk menghindari pusing, gue ngajak Rebby jalan-jalan ke bagian atas kapal buat ngirup udara segar sekaligus foto-foto. Tadinya agak ragu juga buat naik ke atas soalnya ada tulisan "Dilarang naik ke atas kecuali crew". Tapi daripada gue maksain di bawah dan jadinya malah memuntahkan seluruh isi perut bodo amat lah gue naik juga ke atas. Ga taunya di atas malah banyak penumpang yang pada tidur-tiduran.

kabur ke atas kapal nyari angin

Tadinya bokap gue nyaranin gue buat ngubungin temennya yang merupakan bos nya kapal penyebrangan antar pulau di seluruh Indonesia siapa tau bisa dapet kelas vip. Tapi ya ga enak juga masa gue nelpon temen bokap minta kelas vip kan ga enak juga sama yg lainnya belom lagi kelas vip juga pasti penuh lah kan ada juga yang bayar untuk kelas vip . Masa iya kita yang bayar kelas ekonomi malah duduk di vip???. Akhirnya gue urungkan niat untuk ngubungin temen bokap dan memilih untuk menikmati kelas ekonomi. Namanyanya juga backpacker hahaha. Berdasarkan blog orang-orang yang pernah ke Karimun Jawa, katanya kalau beruntung kita bisa liat sekawanan lumba-lumba yang benerang di sisi kapal mengantar kita ke Karimun Jawa. Sayangnya saat itu kita lagi ga beruntung karena ga melihat satupun lumba-lumba yang berenang riang di sisi kapal sepanjang penyebrangan. Padahal dari rumah gue ngarep banget bisa liat lumba-lumba yang berenang riang di lautan lepas ga kayak yang di ancol itu tuh.

Segini dulu postingan cerita perjalanan Jogja - Karimun Jawa. Pada postingan selanjutnya gue bakalan nyeritain keseruan kita selama di Karimun Jawa. Sampai jumpa di postingan selanjutnya sobat sobit sekalian. Jangan bosen baca blog gue ya :)