Sunday 14 October 2012 - 0 comments

Percobaan Backpacking ke Malaysia - Singapore #2

20 September 2012

Yuuuhhuuuu . . . akhirnya hari yang ditunggu-tunggu datang jugaaaa.... Malam ini tepatnya untuk pertama kalinya gue bakalan keluar Indonesia . Sooo excited !!!! biar cuma ke Malaysia sama Singapur yang penting mah keluar Indonesia hahahaha. Flight jam 19.00 WIB setelah sebelumnya bolak-balik di-reschedule jam keberangkatannya sama Air Asia. Gue berangkat dari rumah jam 1/2 3 sore dan berakhir harus nungguin si Nevi yang super ngaret yang baru nyampe di terminal Kp.Rambutan sejam kemudian mana gue nunggu bareng nyokap dan akhirnya kena semprotan nyap-nyap nyokap gara-gara kelamaan nungguin si Nevi *sigh*.

Begitu Nevi datang, langsung cabut ke Soetta Airport terminal 3 naik Damri Rp25.000; . Nyampe Soetta kira-kira jam 5 sore terus was-was nungguin kedatangan nya adek gue, Awi, dari Jogja yang ternyata pesawatnya delayed 1 jam. Sempet nanya-nanya sama temen gue yang kerja di Garuda karena infonya simpang siur pas gue tanya sama petugas bandara di terminal 3 katanya udah landing tapi begitu gue tanya ke temen gue ternyata belom. Oh iya dan pada akhirnya yang beneran berangkat cuma kita bertiga doang (Gue, Awi dan Nevi). Akhirnya jam 18.15 Awi nyampe juga di terminal 3 langsung ke boarding room ternyata antrian imigrasinya udah panjang banget -____-". Setelah urusan imigrasi dan bayar airport tax sebesar Rp 150.00; kita nunggu di boarding room ternyata pesawat delayed 1/2 jam. Mana haus lagi, kirain ga boleh bawa air minum abisnya gue tanya ke temen gue rata-rata bilang ga boleh bawa begituan jadi ga gue bawa padahal di boarding room orang-orang pada bawa air minum *sigh*.

Nevi, Ajeng, Awi nunggu boarding :p

Akhirnya jam 8 malam kita baru berangkat ke Malaysia dari Soetta Airport. Okelaaaahh . . . Malaysia, I'm coming !!! hehehe. Kira-kira jam 10.30 waktu Malaysia (di Malaysia 1 jam lebih awal daripada Indonesia) kita sampai di LCCT langsung keluar ke imigrasi. Pas ditanyain petugas imigrasi Malaysia sumpah demi apapun juga gue ga tau itu petugas nanya apa pake bahasa Melayu gitu gue jawab sekena nya aja deh pake bahasa Indonesia mau liburan ke Malaysia hahaha. Begitu keluar LCCT bingung juga kita mau tidur di mana karena rencananya malam pertama kita di Malaysia ya emang mau tidur di Airport namanya juga gembel hahaha.... Setelah jalan keliling LCCT akhirnya ketemu juga sama surau (mushola) tempatnya lumayan lah buat numpang tidur semalam udah gitu banyak juga yang pada tidur di situ. Karena belom makan malam, lumayan kelaparan juga dan akhirnya kita cari makan dulu di foodcourt luar LCCT namanya Food Garden yang buka 24 jam. Bingung juga di sana kita mau makan apa akhirnya memutuskan nyobain seporsi nasi lemak seharga RM7 dan sebotol air mineral yang lumayan mahal RM4,5. Si Awi bayarnya keder juga duit rupiahnya dikeluarin bhahahahahaks. Setelah kenyang balik lagi ke surau buat tidur untuk recharge energi buat perjalanan keesokan paginya. see yaaa . . .

Nasi Lemak dan sebotol air mineral untuk makan malam

21 September 2012

Gue bangun jam 1/2 6 pagi terus bangunin anak-anak buat cuci muka, sikat gigi dan solat subuh berhubung subuh di Malaysia jam 1/2 6 waktu Malaysia. Setelah beberes dan yakin ga ada yang ketinggalan, jam 06.45 kita mulai keluar dari surau dan langsung ke tempat mangkalnya Aerobus tepat di depan surau yang akan membawa kita ke KL Sentral. Bayar bisnya sama orang yang duduk di deket bis berhenti seharga RM8.

Dalemnya KTM yang super nyaman

Perjalanan dari LCCT ke KL Sentral makan waktu kurang lebih 1 jam. Begitu ke KL Sentral langsung ke counter tiket beli tiket KTM ke Batu Caves seharga RM1. Nunggu KTM di sini ga perlu lama kayak nunggu commuter di Indonesia dan yang pastinya stesen (stasiun) nya jauh lebih nyaman ya guys. KL Sentral - Batu Caves perjalanan 30 menit. Nyampe Batu Caves masih lumayan pagi jadi ga begitu rame langsung deng foto-foto di depan patung deket tangga menuju cave nya ditemani sama burung-burung merpati yang lagi sarapan padahal kita bertiga malah belom sarapan T_T.

Batu Caves

Seriusan loooohh naik ratusan tangga untuk mencapai goanya bikin kita bertiga hampir semaput. Mana kita bawa grendelan tas banyak banget lagi. Terutama Nevi tuh yang bawa batu kali di backpack nya saking beratnya hahaha. Tapi karena ga mau kalah sama kakek nenek turis cina atau korea (?) yang tetep semangat menaiki tiap anak tangga menuju cave nya akhirnya kita paksain juga naik ke atas dengan napas tersenggal-senggal. hahaha.

Biar capek tapi kalo disuruh foto tetep girang :D

Di sepanjang anak tangga juga ada banyak monyet yang nunggu dikasih makan sama turis-turis yang dateng jadi lumayan ada hiburan ngalihin perhatian dikit biar ga kebanyakan mikir capek buat nyampe ke cave nya hehehehe.

Si monyet sibuk minta makan

Begini deh di dalam Goa nya

Di dalem cave nya itu ga ada apa-apa sih cuma ada main temple tempat sembahyangnya umat Hindu yang kebanyakan orang India nya di sini. Nyampe di dalem goa langsung nyari tempat duduk buat ngatur napas dan ngistirahatin pundak yang pegel banget bopong backpack naikin anak tangga. Sejam kemudian kita memutuskan untuk balik ke KL Sentral. Dari Batu Caves ke KL Sentral bayarnya beda lagi jadi RM2.

Waktunya nyari alamat tempat kita nginap di dekat Masjid Jamek. Dari KL Sentral naik LRT ke stesen Masjid Jamek RM1,3. Berhubung waktu check-in hotelnya jam 2 siang, kita memutuskan untuk jalan-jalan terlebih dahulu di daerah sekitar masjid Jamek seperti Dataran Merdeka, Istana Negara, KL City Galery tapi sebelumnya makan siang dulu di resto depan stesen LRT Masjid Jamek. Gue lupa nama restonya apa yang jelas modelnya prasmanan gitu ambil sendiri. Gue ngambil nasi, ayam pedas sam telur asin 1/2 abis RM4. Karena persediaan minum masih ada jadi ga beli minum hehehe. Rasa masakan nya jauh lebih enak daripada makanan yang gue beli di foodcourt LCCT semalem dan harganya juga jauh lebih murah pastinya !!!.

Di depan Stesen Masjid Jamek

Setelah kenyang dan puas jalan-jalan ke tempat-tempat yang gue sebutin tadi, sekarang waktunya mencari alamat tempat kita nginap. Ternyata tempatnya ga jauh dari stesen Masjid Jamek, kurang lebih 3 blok lah dari situ. Selesai proses check in dan bayar tambahan deposit RM5, langsung naik ke kamar di lantai 3. Kamarnya cukup nyaman dan bersih begitu juga dengan kamar mandi dalamnya walaupun agak berisik karena lantainya dari kayu jadi tiap orang jalan selalu bunyi deritan kayu. Begitu masuk kamar langsung pada tepar, Nevi bahkan langsung tidur sementara Awi memutuskan untuk mandi dan gw mulai utak-atik gadget yang sebelumnya sepi aje kek di kuburan gara-gara ga beli nomer Malaysia jadi ga bisa bbm dan sms pun muahaaall beneerrr sampe abis pulsa gue. Untung aja di hotel ada wifi dan kenceng pula wifinya jadi langsung ngabarin keluarga di Jakarta. Oh iya plug kabel di malaysia ini rata-rata bolongannya 3 bukan 2 kayak di Indonesia, jadi yang mau pergi ke Malaysia siap sedia aja beli adaptornya. Gue yang gatau informasi ini akhirnya dengan terpaksa harus beli adaptornya disana seharga RM25 :(.

Keadaan Kamar Hotel

Adaptor buat ngecharge gadget selama di Malaysia

Hotel tempat kita nginep

Jam 5 sore kita memutuskan untuk melanjutkan jalan-jalan ke Pasar Seni, Petaling dan Petronas Twin Tower yang terkenal itu hehehe. Dari masjid jamek kita naik LRT menuju pasar seni RM1. Berdasarkan informasi dari bukunya Kak Claudia Kaunang yang jalan-jalan ke Malaysia dan Singapur, di pasar seni bisa belanja oleh-oleh murah kayak gantungan kunci yang gw beli seharga 12RM (12pcs), 3 coklat beryl's ukuran sedang RM13,9 , 5 coklat Beryl's batang RM12,5 , 1 pajangan Malaysia RM10, 1 tempelan kulkas petronas RM5 dan 1 tempelan kulkas bendera Malaysia RM2,2. Berhubung gue dan 2 bocah ini ga ada yang bisa nawar, jadinya pas ke petaling kita cuma liat-liat aja ga belanja hahahaha. Oh iya waktu kita ke pasar seni di sana lagi ada pesta lampion dan bagi turis-turis yang datang bisa dapetin goodie bag berisi lampion yang dirakit sendiri tapi harus ngantri lumayan panjang. Hari semakin sore dan hujan pun turun membasahi Malaysia sore itu. Akhirnya kita berteduh di restoran masakan Kari di samping Pasar Seni sekalian makan malam.

Waktunya belanjaaa . . . biar gembel tetep harus belanja !!! :D

Ada kejadian yang ga enakin pas kita makan di resto ini, jadi gue pesen nasi kari ayam sama es teh tarik. Di daftar menunya harga nasi kari ayam cuma RM4 tapi begitu pelayan nya ngitung hrga makanan pas mau bayar totalnya jadi RM12,4. Ternyata pas mesen makanan itu langsung, yang ngelayanin agak rancu juga tibatiba Awi sama Nevi yang mesen di depan ditanyain pilih ini apa itu buat pelengkap nasinya karena Awi sama Nevi ga ngerti cara mesen nya akhirnya main pada tunjuk aja gataunya pelengkapnya ada sotong sama telor ceplok. Nah pas bayar nanya ke pelayannya harga nasi kari ayam sama sotong itu RM10 ditambah telor dan es teh tarik jadi RM12,4 :(. Yaudalah mau gimana lagi namanya juga gatau kan ya.

Penamapakan makanan nya Nasi Kari Ayam Sotong Telor Ceplok

Sekitar jam 8 malam hujan pun mulai reda akhirnya kita memutuskan untuk langsung menuju Petronas Twin Tower. Dari pasar seni naik LRT ke KLCC bayar RM1,6. LRT paling malam jam 11.15 ya guys jangan sampe kemaleman nanti ga bisa balik hehehe. Nyampe KLCC lumayan bikin bingung buat akses foto depan Petronas nya jadi kita muterim mall nya dulu deh. Baru begitu nanya sama security kita dikasih tau jalan keluar dari mall biar bisa foto di depan Twin Tower nya. Puas foto-foto sampe 2 jam, kita memutuskan untuk balik ke hotel buat istirahat.

Di belakang Mall Twin Tower ternyata lagi ad pertunjukan air mancur

Foto di sini itu wajib hukumnya kalo ke KL hahaha

Budget Hari pertama dan kedua di Malaysia :
- Adaptor (bagi 2 sama Awi)                            = RM12,5
- Nasi Kari Ayam Sotong Telor + Es Teh Tarik    = RM12,4
- LRT Pasar Seni >> KLCC >> Masjid Jamek        = RM3,2    +
Total                                                               RM163,4 (Rp 516.344;)