Monday 15 October 2012 - 0 comments

Percobaan Backpacking ke Malaysia - Singapore #3

22 September 2012

Sebelumnya mau ngucapin selamat ulangtahun buat adek gue tersayang, Awi, yang ke 21 tahun. Semoga umur barunya membawa berkah dan jadi orang yang lebih baik lagi juga lancar perkuliahannya. Kemaren mau ngucapin pas di hotel tapi yang ulang tahun udah tidur lelap karena kecapean abis jalan-jalan seharian jadi lupa deh gue ngucapin nya hehehehe.

Rencana hari ini kita mau menghabiskan waktu di Melaka. Rencana awal di itinerary seharusnya jam 8 pagi kita udah harus berangkat menuju terminal Bandar Tasik Selatan dan langsung jalan ke Melaka. Tapi ternyataaa . . . kita bangun supeeerrr kesiangan sodara-sodara!!!. Baru bangun jam 8 pagi !!! Sebenernya jam 1/2 5 gue udah bangun terus bangunin anak-anak yang susaaaaahhh buuuaaanngeeettt dibangunin, gara-gara mereka ga bangun juga akhirnya gue malah jadi ikutan tidur lagi dan langsung loncat dari kasur begitu ngeliat jam menunjukkan pukul 8 pagi. Itu juga pas gue bangunin anak-anak masih pada males-malesan di kasur. Duuuhh . . . beneran deh susahnya bangunin mereka. Akhirnya kita baru jalan dari hotel jam 1/2 10 pagi -____-".  Untung aja transport di sini ga makan waktu kayak di Jakarta, cukup 1/2 jam saja perjalanan dari Stesen Masjid Jamek sampe ke TBS (arah Sri Petaling).

Nyampe TBS kita langsung beli tiket ke Melaka jam 10.25 naik Metro Bus seharga RM9. Terminal TBS ini keeerreeennn banget sumpah ga kayak di Indonesia. Pokoknya tempatnya super nyaman super bersih kayak di airport bebas calo, copet dan preman. Sistem pembelian tiket di sini bisa beli tiket sendiri yang pake vending machine, bisa juga pesen di counter tiketnya. Tapi menurut gue mending yang beli tiket sendiri deh ya ga perlu ngantri tinggal pencet ini itu terus masukin duit dan tadaaa tiket pun ada di tangan.

Terminal Bandar Tasik Selatan

Perjalanan dari terminal TBS sampe ke Melaka Sentral makan waktu kira-kira 1,5 jam gapake macet!!!. Begitu kita sampe di terminal Melaka Sentral langsung pesen tiket pulang ke KL seharga RM9.2 naik Metrobus juga. Untuk menuju daerah Statdhuys, kita naik Panorama Bus nomor 17 sehararga RM1 yang langsung dibayar ke supirnya. Kurang lebih 15 menit kemudian kita sampe di daerah Statdhuys. Tapi perlu diingat begitu baliknya dari Statdhuys ke Melaka Sentral seenggaknya kalian nyisain waktu 2 jam dari jam kepulangan balik ke KL bagi yang ga nginep di Melaka. Soalnya rute panorama bus balik ke Melaka Sentral ternyata harus muter dulu jaauuuuhhh banget kirakira bisa ngabisin waktu 1 jam untuk sampe ke Melaka Sentralnya.Perkiraan waktu di sini beneran harus tepat jangan kayak gue yang ga tau kalo busnya muter jauh dulu jadi ketinggalan bus pulang dan terpaksa harus ngeluarin duit lagi untuk beli tiket pulang seharga RM9,2 T_T . Bis di sini selalu on time ga pake ngaret, kalo emang udah jadwalnya berangkat jam 4.25pm ya bis itu pasti berangkat jam segitu ga bakal molor jadi jam 5 kayak di Jakarta.

Terus ngapain aja gue di Melaka? sebelumnya gue mau ngasih tau dulu kalo Melaka itu suuupeeerrr panaasss!!! Ibarat musim panasnya Jakarta yang lagi panas-panas nya, jadi jangan lupa bawa payung biar ga gosong ya. Yang pasti selama di sana kita foto di depan Gereja Merah icon nya Melaka, terus ke bukit st.Paul Church, jalan-jalan di sekitar Dataran Pahlawan dan ke Jonker Street. Nah pas gue ke Melaka, kebetulan di sana lagi ada  performing art dari seniman-seniman Internasional termasuk Indonesia. Setelah puas ngeliatin performing art di jalanan, kita beralih ke Jonker Street . Niatnya sih mau nyobain cendol duren yang terkenal itu tapi begitu liat menu di restonya ada babi nya jadi ragu-ragu dan akhirnya ga jadi beli mehehehe. Di Jonker Street gue ga belanja macem-macem sih karena kemaren nya udah puas belanja di Pasar Seni, jadinya gue cuma beli es mint seharga RM3.

St.Paul Church

Dataran Merdeka

Di Melaka juga bisa nyobain naik boat seharga RM15. Tapi sih mendingan kalo naik begituan sore menjelang malem aja kali ya biar ga panas. Berhubung kita cuma sehari di Melaka dan waktunya mepet juga jadinya ga semua tempat kita jelajahin dan akhirnya memutuskan untuk kembali ke Melaka Sentral balik ke Kuala Lumpur. Lain waktu kalo gue ada kesempatan lagi ke Melaka, pokoknya gue harus jelajahin semua tempat di sana dan yang pasti gapake bangun kesiangan lagi!!!.

Jam 07.00pm kita udah nyampe terminal TBS lagi dan langsung beli tiket ke Singapore karena rencananya malam ini juga kita berangkat ke Singapore. Agak sedikit bingung waktu kita mau pesen tiket ke Singapore banyak pilihan tempat pemberhentiannya seperti Woodlands, Beach Road dan beberapa yang gue lupa nama tempatnya. Berhubung pemberhentian Woodlands harga tiketnya yang paling murah RM38, akhirnya kita memutuskan untuk beli yang itu dengan jadwal berangkat jam 11.45pm naik bis Super Nice. Sayangnya udah ga bisa lagi sekalian beli tiket pulang dari SG ke Kuala Lumpurnya, terpaksa deh harus beli tiket pulangnya di Singapore yang mana harganya bakal jauh lebih mahal :(.

Sebelum berangkat ke Singapore kita balik dulu ke hotel buat makan, mandi, beberes baju karena mau sekalian check out dari hotel. Jam 1/2 11 malem kita check out dari hotel dan dikembaliin uang depositnya yang kita bayar pas check in kemaren RM5. Nyampe TBS kira-kira jam 11 malem terus nyimpe tas backpack dan barang yang ga penting biar ga berat juga di locker. Penyewaan locker di TBS ini untuk locker kecil RM3/12 jam dan locker besar RM6/12jam. Ga perlu nunggu lama, jam 11.45pm bus Super Nice yang akan mengantar kita ke Singapore pun datang. Bus nya legaaa . . . sistem penempatan tempat duduknya 2-1 dan jarak antar kursi berjauhan. Pokoknya super nyaman deh. Sayangnya di tengah-tengah perjalanan bis berhenti gue juga gatau kenapa kayaknya bisnya bermasalah dan kita disuruh pindah bis. Lumayan betek sih tengah malem, ngantuk dan disuruh pindah bis. Tapi gapapa deh yang penting nyampe Singapore.

Pengeluaran hari ketiga :
- LRT Masjid Jamek >> TBS                                                         = RM1,7
- Bis pp KL >> Melaka >> KL                                               = RM18,2
- Panorama bus pp Statdhuys >> Melaka Sentral >> Statdhuys = RM2,5
- Es Mint                                                                                            = RM3
- Tiket Bus KL >> SG                                                                  = RM38
- LRT TBS >> Masjid Jamek >> TBS                                     = RM3,4
- Makan malam nasi ayam + es teh manis                                              = RM5        +
Total                                                                                         RM71,8    (Rp226.888)