Thursday 22 July 2010 - 6 comments

Perkembangan Lagu Anak-Anak yang Memprihatinkan




Pelangi pelangi alangkah indahmu

Merah kuning hijau di langit yang biru
Pelukis mu agung siapa gerangan
Pelangi pelangi ciptaan Tuhan


Siapa yang tidak tahu penggalan lirik lagu di atas?. Semua orang pasti tahu kan ?. Lagu di atas berjudul Pelangi ciptaan almarhum Bapak Abdullah Totong Mahmud atau yang biasa dikenal sebagai Bapak AT Mahmud. Beliau adalah salah satu pencipta lagu anak-anak yang tidak pernah berhenti memperhatikan perkembangan lagu anak-anak selama ini. Sayangnya, lagu anak-anak seperti lagu-lagu yang diciptakan almarhum Bapak AT Mahmud sudah jarang terdengar. Anak-anak jaman sekarang lebih memilih lagu-lagu orang dewasa (baca : cinta-cintaan yang tidak sesuai dengan perkembangan umur mereka) yang bahkan mereka sendiri tidak mengerti maksud lagu yang mereka nyanyikan itu.

Sapi pribadi miris melihat perkembangan anak-anak kecil jaman sekarang. Kesalahan pertama terletak pada apa yang sering mereka tonton dan dengar. Media televisi adalah yang paling berpengaruh terhadap perkembangan anak-anak. Karena televisi sekarang ini lebih banyak menyiarkan video clip dari dari penyanyi dewasa yang mana rata-rata lagunya bertema cinta, perselingkuhan, patah hati , dsb. Kalau hal tersebut dilihat terus berulang-ulang oleh anak-anak otomatis mereka hapal karena daya serap otak mereka dalam menghapal sesuatu yang mereka lihat sangat cepat. Kesalahan kedua terletak pada pribadi orang tua mereka masing-masing. Memang tidak semua orang tua yang seperti itu. Tapi sebagian orang tua ada yang kurang peduli dengan lagu anak-anak yang cocok untuk perkembangan usia anak-anak mereka dan bahkan malah merasa bangga melihat anak-anak nya dapat menyanyikan lagu-lagu dari penyanyi dewasa idola semua orang. Sapi sendiri bingung apa yang harus dibanggakan dengan menyanyikan lagu-lagu dewasa yang bahkan mereka sendiri tidak mengerti akan maksud yang terkandung dalam lagu tersebut. Kesalahan ketiga terletak pada acara pencarian bakat menyanyi anak-anak. Seharusnya dalam pencarian bakat ini anak-anak didekatkan dengan lagu-lagu yang sesuai dengan perkembangan usia mereka seperti lagu-lagu ciptaan almarhum Bapak AT Mahmud (Pelangi, Anak Gembala, Libur Tlah Tiba, Bintang Kejora, Cemara, Amelia,dll) tapi lagi-lagi sapi harus kecewa dengan pencarian bakat anak-anak ini. Anak-anak malah menyanyikan lagu dari band-band mainstream idola mereka seperti ST12, Hijau Daun, Ungu, Kangen Band, dll. Sangat aneh sekali mendengar anak-anak usia mereka tibatiba bernyanyi "Biarkan aku jatuh cinta...." . Beneran deh ga enak banget didengarnya.

Sapi bangga menjadi anak yang lahir di tahun 90an. Di mana saat itu masih banyak terdengar lagu anak-anak yang sesuai dengan perkembangan kita. Tahun 90an juga banyak penyanyi-penyanyi cilik yang membawakan lagu sesuai umur mereka. Sebut saja Sherina, Chikita Meidy, Maissy, Joshua, Trio Kwek Kwek, Tasya dan masih banyak lagi. Pencipta lagu anak-anak jaman dulu seperti almarhum Bapak AT Mahmud, Bu Kasur dan Pak Kasur, Papa T-Bob dan Kak Seto dengan si Komo nya yang selalu menghasilkan lagu anak-anak terbaik. Orang tua sapi juga termasuk yang sangat peduli dengan segala macam musik yang sapi dengarkan dulu. Mereka selalu membelikan sapi kaset lagu anak-anak yang selalu diperdengarkan di mobil. Acara pencarian bakat jaman dulu juga menampilkan lagu anak-anak yang sesuai dengan perkembangan usia kita karena jaman dulu belum banyak band-band idola remaja yang booming seperti sekarang ini. Jadi pendengaran anak-anak jaman dulu belum terkontaminasi seperti sekarang ini.

Penyanyi anak-anak jaman dulu, saat ini sudah pada beranjak dewasa. Dan mereka mulai mengeluarkan album yang sesuai dengan umur mereka saat ini yang rata-rata bertema percintaan. Untuk penyanyi anak-anaknya sekarang sedikit sekali. Kebanyakan artis cilik lebih senang main sinetron yang mana bukan tontonan yang baik untuk anak-anak karena selalu dibumbui dengan tindak kekerasan dan adean percintaan. Tapi baru-baru ini ada artis cilik sinetron yang mencoba untuk ambil andil dalam perkembangan lagu anak-anak namanya Umay klo ga salah. Dia mulai menyanyikan lagu anak-anak yang sesai dengan umurnya. Sayang gaungnya kurang terdengar dibandingkan dengan band-band mainstream idola remaja saat ini. Jadi ya kembali lagi ke awal, anak-anak lebih suka menyanyikan lagu band-band mainstream yang mereka idolakan itu karena lebih terkenal.

Ayo dong musisi-musisi tanah air ciptakan lagi lagu anak-anak yang sesuai dengan perkembangan mereka. Jangan cekokin mereka dengan lagu-lagu yang tidak sesuai untuk mereka. Sapi pribadi saat ini masih suka menyanyikan lagu anak-anak. Jadi berasa balik lagi ke masa kecil dulu. Lagu anak-anak jaman dulu juga engga kalah bagus kok dengan lagu band-band mainstream jaman sekarang.


With Love,



6 comments:

Kak Zepe October 02, 2010 7:38 am

hai..saya Zepe. Saya punya banyak koleksi lagu anak yang kini telah mencapai 30 lagu. Lagu-lagu saya juga sudah dipakai di beberapa PAUD dan TK, dan bisa di upload dari internet secara gratis.
Klik saja:
http://www.lagu2anak.blogspot.com

romaeni October 25, 2010 12:43 am

Suatu saat lagu anak-anak akan bangkit,sebagai pecinta anak mari kita berlomba-lomba berkarya! &Album VCD Ayo belajar sebagai salah satu bukti lagu anak-anak tidak mati. Silahkan dilihat,dengar dan rasakan sendiri manfaatnya
;) cek my link

http://www.youtube.com/watch?v=7csufW7IueI

mirfanriza16 March 29, 2011 6:28 pm

Setuju...
Dilema dalam delima, media massa berubah jadi media yang memangsa generasi muda. Sekarang acara cilukbaaa, tralal-trilili, dan sejenisnya udah diganti dengan dahsyat, klik, incret, hah apa lah semua itu...

Sedih dan sebel ngelihatnya, anak-anak sekarang lebih bisa tidur setelah dengerin lagu The Virgin dan kawan-kawinnya ketimbang mendengarkan lagu-nina bobo, satu-satu aku sayang ibu, atau puk ame2 belalang kupu2...

Hah, kesaaaaallll,,,

Ajeng Aryanti April 02, 2011 1:05 am

iya bangeeettt . . . miris nih liat sepupu yang kecilkecil yang udah dewasa sebelum waktunya . beruntung banget kitakita yang sempet 'mencicipi' dunia anakanak yang sewajarnya :)

kak zepe January 24, 2013 4:59 pm

Konten yang menarik...
Salut pada kepedulian anda dengan dunia anak dan dunia lagu anak...

Yang mau download lagu anak Gratis, silakan klik nick saya di atas... (Kak Zepe Lagu2anak).

atau klik www.lagu2anak.blogspot.com

Salam cinta lagu2anak

Unknown August 14, 2013 8:14 am

Lagu anak gratis, edukatif & enak di dengar juga bisa anda dengarkan di :

http://www.reverbnation.com/dtsvoices

Post a Comment