Saturday 17 July 2010 - 2 comments

A Trip to Tidung Island

Haiii . . . sapi mau cerita mengenai perjalanan sapi dan teman-teman ke Pulau Tidung kemarin. Berawal dari kepenatan sapi dan teman-teman akan rutinitas kita semua selama ini dan hingar bingar perkotaan munculah ide dari seorang sahabat sapi, nevi, untuk kabur sebentar ke pinggiran daerah jakarta. Tepatnya ke Pulau Tidung daerah Kepulauan Seribu. Sedikit uraian mengenai pulau tidung, Pulau Tidung termasuk salah satu kelurahan di kepulauan seribu dan dibagi menjadi 2 wilayah , Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil yang dihubungkan oleh jembatan panjang yang terletak di Kepulauan Seribu Selatan bagian barat. Jarak tempuh kira-kira 3 jam perjalanan dari pelabuhan Muara Angke menggunakan kapal penumpang.

Pulau Tidung

Pulau tidung merupakan kawasan wisata bahari dengan ekosistem terumbu karang yang mempunyai keindahan cukup baik sehingga cocok dijadikan tempat snorkeling dan diving. Oleh karena itu di pulau ini banyak terdapat tempat penyewaan alat-alat snorkeling seharaga Rp 35.000; sepuasnya . Ombak di pantai sekitar Pulau Tidung juga tidak terlalu besar karena gugusan karang dan terumbu karang yang mengelilingi mampu menahan ombak sehingga cukup aman untuk berenang. Di Pulau Tidung juga terdapat penyewaan sepeda dengan harga Rp 15.000; untuk mengelilingi pulau dan menikmati keindahannya. Setelah cari berita mengenai cp yang punya penginapan, mulailah kita menelpon satu per satu untuk menanyakan harga yang pas. Karena kita merupakan orang-orang yang maunya tinggal dapet enak aja, akhirnya kita milih paket sebesar Rp 300.000; 2 hari 1 malam. Paket itu udah termasuk pp angke-tidung-angke, penginapan ac kamar mandi dalam, makan 3x, barbeque, sewa sepeda dan alat snorkeling, serta perahu + guide yang nganter kita untuk ber-senorkeling ria. Benar-benar engga mau repot. Hehehehe.

Seminggu sebelum hari H, banyak banget kendala nya. Seperti teman-teman yang mau ikut ke tidung tiba-tiba ngebatalin rencana keberangkatan mereka karena ada masalah. Dari yang 10 orang jadi cuma 6 orang yang benar-benar bisa berangkat. Belum lagi cuaca yang kurang mendukung sebentar ujan sebentar kering. Masalah pergi ke Muara Angke nya naik angkutan umum dari rumah yang harus pagi-pagi bener dan ternyata bapak sapi mau nganter walau harus pake cekcok dulu sebelumnya. Tapi akhirnya kita berenam berangkat juga tanggal 16 Juli 2010.

Kamis tanggal 15 Juli 2010, teman sapi dan teman adek sapi mulai pada nginep di rumah karena berangkat subuh dari rumah sapi. Karena niatnya berangkat subuh itu akhirnya sapi memutuskan untuk engga tidur dan menghabiskan waktu dengan nonton TV sedangkan yang lain udah pada teler duluan. Hehehe. Jam 4 pagi mulai bangunin anak-anak buat mandi biar ga rebutan. Aduuuhhh sumpah deeehhh susah banget dibanguninnya. Si Nevi pas sapi bangunin udah melek begitu ditinggal buat ngerebus air panas eh tidur lagi. Payah deeehhh.... Jam keberangkatan kita dari rumah sapi pun akhirnya molor. Kita baru berangkat jam 1/2 6 Pagi !!!. Untung tol masih sepi.

Yang bikin deg-degan selama di perjalanan itu tiba-tiba hujan deras mengguyur Jakarta. Bapak sapi mulai angot-angotan ga ngijinin pergi belum lagi kita semua engga ada yang tau dimana letak pelabuhan Mura Angke. Cakeepp !!!. Begitu keluar tol sunda kelapa nanya arah jalan sama polisi mengenai letak pelabuhan Muara Angke. Udah nanya dan tetep masih bingung di mana letaknya, bapak mulai ga sabaran dan bawa mobilnya mulai sradak sruduk. Akhirnya dapet pencerahan ngeliat angkot merah jurusan grogol-muara angke dan kita ngikutin itu angkot sampe gerbang Muara Angke. Sampe situ bingung lagi pelabuhan nya di sebelah mana, akhirnya kita nelpon istrinya Pak Ridun yang ngejemput kita di pelabuhan nanya petunjuk ke pelabuhannya. Nyampe pelabuhan langsung shock menerima keadaan pelabuhan yang bau khas pasar penuh ikan dan becek pula karena ujan. Maklum kita orang yang terbiasa tinggal dapet enak begitu dikasih yang ga biasa langsung shock . Huhuhuhu. Apalagi begitu negliat kapal penumpangnya. Beneran menghancurkan hasrat liburan kita. Begitu masuk kapal langsung berasa banget pusingnya. Ditambah lagi jendela ditutup terpal karena ujan membuat udara di dalam kapal pengap. Kapal berangkat dari Muara Angke sekitar pukul 1/2 8 pagi karena hujan dan mesti nunggu kapal penuh dulu jadi agak lama berangkatnya. Untuk mengantisipasi biar ga mabok selama 3 jam perjalanan minum antimo dulu laahhh . . . Ternyata 1 tablet antimo ga cukup ngusir rasa mual selama perjalanan jadi lebih baik tidur selama perjalanan. Sobat sapi, Ditha, ga kuat nahan mualnya sampai muntah berkali-kali. Hahaha. Kita sampai Pulau Tidung sekitar jam 10an. Begitu turun kapal lega rasanya hilang rasa mual selama perjalanan dan kita disambut sama becak motor yang bawain barang bawaan kita ke penginapan dan kita jalan kaki ke penginapan. Oh iya di pulau tidung cuma bisa nerima sinyal Indosat. Jadi yang selain indosat sedia kartu perdana indosat buat jaga-jaga aja.

Ternyata Pulau Tidung tidak seperti yang sapi bayangkan selama ini. Kirain Pulau tidung tuh penginapan nya macem kayak di Anyer itu yang di pinggir pantai ternyata masuk-masuk ke perkampungan padat peduduk. Jarak penginapan tempat kita nginap dari pelabuhan juga cukup jauh ditempuh dengan berjalan kaki. Tapi ya sudahlah dinikmati saja. Toh kita sudah sampai pulau. Kita menginap di penginapan Melly punyanya Bapak Ridun (085811439209). Penginapannya bersih dengan kamar mandi dalam dan ber-AC. Kamar mandinya pun juga bersih. Nyaman lah untuk tidur semalam. Begitu sampai di penginapan kita langsung tepar masih berasa goyangan naik kapal tadi. Abis istirahat sebentar langsung ganti baju santai dan makan ( dapet makanan nasi, tahu pedas dan cumi pedas, teh dan air putih). Yang nginap di penginapan pada saat itu cuma kita berenam aja. Jadi berasa kayak di rumah sendiri menguasai segalanya. Hahahaha.

Selesai makan, waktunya jalan-jalan mengelilingi Pulau Tidung pake sepeda berkeranjang. hehehe. Menyusuri perkampungan sampai ke tepi pantai dengan udara sejuk karena abis ujan. Sayang sapi dapet sepeda yang rem nya engga pakem. Setiap nge-rem, bukannya berhenti malah semakin melaju kencang. Sepeda yang aneh.

sepeda untuk berkeliling pulau

Begitu sampai di ujung pulau, kita bertemu dengan jembatan yang menghubungkan pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Masyarakat sekitar menyebutnya jembatan cinta. Engga tau deh kenapa disebut jembatan cinta mungkin karena tempatnya romantis dan cocok buat pacaran kali ya. Tapi kita sama sekali ga nemuin orang-orang yang lagi asik pacaran di sepanjang pulau. Ntahlah. Air laut di sepanjang jembatan yang jernih memaksa kita untuk nyebur ke sana. Seperti anak kota yang norak dan jarang nyentuh laut , kita langsung nyebur gitu aja di pinggir pantai . Hehehehe.

ki-ka : Sapi, Septi, Adhika, Nevi, Awi, Ditha

ada bule nya tuh di belakang. hehehe

yang di belakang kita tuh jembatan cinta :)

Karena cuaca kembali mendung dan jam sudah menunjukkan pukul 1/2 1 siang, terpaksa kita menghentikan kegiatan asik kita bermain air dan kembali ke penginapan. Dan tepat saja di jalan menuju penginapan hujan turun, kita pun numpang untuk berteduh di salah satu rumah penduduk sampai hujan reda. Begitu hujan reda, kita pun menggowes sepeda dengan kecepatan kilat sampai penginapan. Setelah solat zuhur, kita pun bersiap untuk kegiatan selanjutnya yaitu SNORKELING . . . yeeeaaayyy. Kita semanga t banget nih untuk snorkeling. Cuaca nya juga bagus karena mendung jadi engga panas dan engga bakal gosong. hehehehe. Kita naik kapal kecil menuju pulau Payung didampingi oleh guide nya. Perjalanan dari pulau tidung ke pulau Payung kira-kira sekitar 1 jam. Ombaknya lumayan besar jadi rada-rada takut juga. Begitu sampai Pulau Payung, ombaknya cukup tenang untuk dipakai snorkeling. Setelah semua perlengkapan snorkeling terpakai, kita pun langsung nyebur. Waaaa . . . terumbu karangnya cantik. Tapi hati-hati jangan sampai nyenggol terumbu karang soalnya kemaren sapi dan teman adek sapi ga sengaja nyenggol terumbu karang dan berakibat luka kebeset di tangan dan kaki yang menimbulkan rasa cukup perih. Karena ga biasa napas pake selang pernapasan lewat mulut, sapi bolak-balik ga sengaja minum air laut. Rasa nya asiiiiinnnn bangeeetttt . . . Snorkeling bikin kita benar-benar lupa sama daratan maunya berenang-renang terus sampe keram dan keriput tangannya. Hehehehe.

manusia-manusia lupa daratan. haha

Terumbu Karangnya banyak bulu babi

Karena udah capek dan hari udah menjelang sore, kita pindah ke jembatan cinta sambil nunggu sunset. Di atas jembatan cinta banyak anak-anak yang terjun bebas ke laut. Sebenarnya sapi pengen nyoba tapi rada takut dan malu juga. Hehehehe. Abis rata-rata yang terjun itu cowok. Ceweknya ga ada kali yang terjun atau lebih tepatnya ga berani. hehehe

Uji nyali terjun dari jembatan

Sambil nunggu datangnya sunset, kita snorkeling lagi deh di bawah jembatan. Sayang dasar laut di sini engga seindah di pulau Payung malah cenderung kotor. Karena cuac a mendung dan awan yang gelap sunsetnya jadi ga kelihatan. Terpaksa kita balik ke penginapan. Di jalan saat kita kembali ke penginapan, tiba-tiba ketemu 2 p olisi lagi gotong sesuatu dalam karung beras. Dikirain apaan ga taunya itu MAYAT !!! MAYAT TANPA KEPALA lebih tepatnya sodara-sodara !!!. Ga ngerti deh gimana kejadiannya tapi cukup bikin merinding disko. Beritanya ada di sini nih...

Sampai penginapan langsung solat Ashar, mandi, solat Maghrib, tidur. Menjelang malam sekitar jam 7, pak Ridun sms ngajak kitakita barbeque-an di pantai belakang taman depan kelurahan kalau engga salah. Lagi-lagi menempuh jalan cukup jauh mana gelap lagi kiri-kanan pohon-pohon penerangan sedikit berasa lagi jurit malam pelantikan. Hehehehe. Sampai pantai sepi banget cuma rombongan kita aja sama pak Ridun, anaknya pak Ridun dan guide. Kalau kata pak Ridun di situ ramenya pas weekend sabtu-minggu gitu bisa sampe penuh tempatnya. Barbeque nya ternyata kita dapet jadi. Ga perlu dibakar-bakar lagi, udah dibakar dari sore sepertinya jadinya agak dingin. Ada ikan ntah ikan apa itu sapi ga ngerti perikanan terus cumi (cuminya aloottt karena udah dingin) sama sate udang. Sambel kecapnya itu loh mantep banget pedasnya sampe keluar air mata. Huuhhaaaahhh . . . Sambil makan sambil mendengarkan cerita pak Ridun tentang pulau Tidung, tentang kebiasaan masyarakatnya, tentang masalah harga wisata di Pulau Tidung, ramahnya masyarakat sekitar dan banyak lagi. Pak Ridun baik banget, ramah, asik diajak ngobrol dan mau susah-susah ngurusin kebutuhan kita selama di Pulau Tidung. Makasih loh Paakkk :). Dan bagi kalian yang mau berwisata ke Pulau Tidung, sapi sangat merekomendasikan kalian untuk menghubungi Pak Ridun (085811439209) karena beliau sangat tahu seluk beluk Pulau Tidung dan pastinya beliau akan memberikan pelayanan yang terbaik untuk kalian selama di sana :)

Keesokan paginya sapi bangun 1/2 5 langsung solat subuh terus bangunin anak-anak yang lain. Rencananya kita mau ngejar sunrise di jembatan cinta. Jam 5 kita menuju jembatan cinta pakai sepeda. Sesampainya di jembatan udah ada lumayan banyak orang yang juga nunggu sunrise ada juga yang mancing di sekitar jembatan. Lagi-lagi kita engga dapet moment sunrise nya karena cuaca yang mendung. Kita pun menyusuri jembatan sampai ke Pulau Tidung kecil terus barmain-main di pinggir pantai. Tempatnya beneran enak buat mengasingkan diri. Bagi kalian yang penat dengan hingar bingar perkotaan dan butuh menyendiri dengan harga murah dateng aja ke Pulau Tidung. Ga bakal nyesel deehh . . . hehehe

Bosen main di pantai kita kembali ke penginapan untuk sarapan dan mandi. Rencana awalnya kita pulang ke Jakarta sekitar jam 1 siang. Tapi ternyata istrinya Pak Ridun dapet tiket mendadak naik speedboat ke marina untuk kita berenam. Ditha kapok mabok naik kapal penumpang yang kemarin jadinya dia milih naik speedboat. Karena mendadak itu jadi buru-buru beresin barang bawaan yang berceceran. Ditha sama Adhika sampai ga sempet mandi. Hahahaha. Sampai di pelabuhan ketemu lagi dengan mayat tanpa kepala yang kemarin. Bau busuk menyengat di udara. Ternyata mayatnya belom dipindahin malah ditaro dipelabuhan. Polisi dan tim forensik mulai datang mengidentifikasi mayat kemudian mayatnya dimasukin ke kantong mayat dan dibawa pakai speedboat polisi. Itu polisinya pada betah banget nyium bau mayat selama di speedboat. Sapi yang nyium bau dari jauh aja ga kuat. hoowweeekkk . . .

Jam 11 kita pun dengan berat hati meninggalkan Pulau Tidung dengan menggunakan speedboat KM.Kerapu. Perjalanan dari Pulau Tidung sampai Marina dengan menggunakan speedboat hanya memakan waktu 1 jam lebih cepat dibanding menggunakan kapal penumpang dari Tidung ke Muara Angke. Sebelumnya sapi nenggak 2 tablet antimo biar ga mual. Efeknya? selama perjalanan Tidung-Marina tidur pules begitu juga pas naik transjakarta dari ancol sampe uki tidur pules. Pas nyampe rumah tidur lagi sampai nge-skip sholat magrib deh. Huhuhuhu *Maafkan Hamba ya Allah efek 2 tablet antimo nih*

Makasih teman-teman untuk 2 hari yang menyenangkan di Pulau Tidung. What's next ???? :)

With Love,

Anonymous September 03, 2010 11:01 am

^_^
keyen yak..?
salam kenaaaalll..? ^_^

-ddy_amiana@yahoo.co.id-

Ajeng Aryanti September 10, 2010 11:02 pm

iya tempatnya keren banget . cocok untuk tempat kabur dri kepenatan di kota :)