Monday 31 January 2011 - 5 comments

Pengalaman Pertama Rafting Yang Gituuu Deehhh . . .

Gara-gara dari kemaren ditanyain mulu sama sohib gue, nevi, perihal update-an blog ini yang jarang-jarang, ya sepertinya sekarang gue bakal ngupdate sedikit cerita mengenai liburan semester ganjil gue kemarin . Sebenernya untuk liburan semester ganjil kemarin gue ga punya rencana muluk-muluk buat ngewarnain liburan gue gara-gara sibuk ngurus magang dan mikirin nasib gue selama magang nantinya . Ngomongin soal magang emang bikin gue jadi ga semangat mau ngapa-ngapain buat liburan gue kali ini . Saat gue mulai senep sama liburan gue, nevi datang membawa pencerahan ngajak gue untuk Rafting di Sungai Citarik, Sukabumi . Yaaaayyy . . .

3 minggu sebelum berangkat, kita mulai nyari-nyari in
fo mengenai rafting di sungai citarik . Banyak referensi website yang nyediain jasa masalah rafting di sungai citarik . Tapi rata-rata butuh banyak peserta yang ikutan kira-kira 10-20 orang untuk menekan biaya raftingnya . Masalahnya, ngumpulin 10-20 orang nya itu yang susah sementara peserta yang beneran fix ikutan cuma 6 orang (gue, adek gue, nevi, Pipit, Molin, dan pacarnya molin) untuk yang lain nya gue ajak seperti biasalah banyak alesan nya terutama masalah budget yang mesti di keluarkan karena jujur aja budget kita kemaren terbilang cukup mahal untuk kantong mahasiswa kere seperti kita . hehehe . Sampai minggu kedua menuju keberangkatan pesertanya tidak kunjung bertambah juga, akhirnya kita cari alternatif lain nanya mbah google dan akhirnya sampailah kita pada salah satu tourism operator "ARUS LIAR" . Setau gue ini perusahaan rafting punyanya Adjie Massaid dan reputasi nya yang oke karena belom ada satupun "kecelakaan" yang terjadi sampai sekarang . Okelah kita booking yang TWO HOURS RAFTING (B3) Rp 225.000/pax untuk tanggal 28 Januari 2011 jam 9 pagi . Masalah rafting kelar, lanjut dipusingkan dengan "mau naik apa kita ke sana?" . Pusing bener ini mikirin kendaraan buat ke sana . Kalau mau naik angkutan umum, berangkat dari rumah jam berapa secara kita harus udah sampai sana jam 9 pagi dan jarak tempuh jakarta-sukabumi pake angkot bisa molor sampai berjamjam , belom lagi kita juga gatau naik angkutan apa??? . Alternatif lain ya nyewa mobil, ini yang bikin bingung pasti masalah dana . Pengeluaran untuk nyew mobil lumayan mahal . Rata-rata penyewaan mobil cuma nyewain mobil per 12 jam Rp 300.000; tanpa supir dan bbm . Nyari info sana-sini yang nyewain mobil murah dan thanks to Molin yang ngasih pencerahan bisa nyewa mobil gran max di temen nya Rp 300.000;/24 jam . Setelah dikalkulasikan dengan bensin dan tol kira-kira kira-kira per orang dapet jatah bayar Rp 120.000; . Total budget Rafting+Mobil = Rp 345.000;/orang . Berangkaaatttt . . .

THE DAY

Setelah menanti-nanti datangnya hari jumat, akhirnya hari keramat yang ditunggu-tunggu datang jugaaaa . . . Kita janjian jam 1/2 5 tapi ya na
manya orang Indonesia (baca:gue) pasti selalu kenal yang namanya jam karet dan akhirnya molor 1/2 jam untuk solat subuh dulu . hehehe . Malem sebelumnya gue engga tidur maksud hati biar ga bangun kesiangan makanya sepanjang perjalanan ke sukabumi udah diniatin untuk gue pake tidur dengan nenggak 1 tablet antimo biar pules . hehehehe . Emang dasar pacarnya Molin yang bawa mobil super ekstrim layaknya supir angkot (maaf nih lin, tapi jujur ini yang gue rasain kmaren pas cowo lo bawa mobil.hahaha), niat suci untuk tidur pules selama perjalanan jadi sedikit terganggu dengan adanya guncangan setiap cowonya Molin ngebut kemudian rem mendadak . Apalagi pas kita lewat jalur alternatif menuju pendopo Arus Liar di Desa Cigelong yang jalan nya gile banget pinggirnya jurang meennn . . . dagdigdug aja ini hati gue . Pokoknya berdoa terus sepanjang perjalanan biar selamet tanpa lecet sedikitpun sampai tujuan . hahahaha

Berkat pacar nya Molin yang bawa mobil layaknya sedang balapan F1, kita nyampe di Pendopo Arus Liar kepagian 1 jam . Jam 8 kurang kita udah sampai pendopo . Di Pendopo sepi banget cuma ada kita doang peserta yang udah dateng buat rafting . Dari rumah kita emang udah siap pake baju yang mau dipake basah-basahan jadi ga perlu ribet gonta-ganti baju lagi . Sayangnya dari 6 peserta yang ikuta ga ada satupun yang bawa kamera, kalaupun ada ya pake kamera dari hp masing-masing . Tapi karena bingung kalau dibawa nanti hp nya ditaro mana pas kita rafting akhirnya hp dan dompet kita simpen di locker .

Jam 9an kita diajak sama 2 orang Guide yang jadi 'nakho
da' perahu karet kita,namanya Mas Rudi a.k.a Batak dan Mas Badroe, untuk make perlengkapan rafting seperti Helm, pelampung sama dayung . Sebelum mulai rafting, kita briefing dulu dan dibagi jadi 2 kelompok . Kelompok pertama dengan 'nakhoda' mas Batak terdiri dari Gue, Nevi dan Pipit (sodaranya Nevi) . Ini kelompok gue tenaga cemen semua laaahh . . . hahaha . Kelompok kedua dengan 'nakhoda' mas Badroe terdiri dari Gowie (adek gue), Molin dan Cowonya Molin . Dari meeting point ke tempat start nya di daerah Parakan Telu kita diangkut pake truk dan perjalanan ke tempat start nya lumayan jauh juga mana jalan nya sempit dan naik turun pula. Untung truk nya kuat tuh pas nanjak bawa grombolan banyak bener .

Sebelum acara pengarungan jeram (aduh...apaan sih bahasa gue), kita latian dulu ngedayung perahu karetnya sesuai dengan instruksi sang nakhoda yang mana di kelompok gue itu Mas Batak . Karena ini pengalaman pertama gue, lumayan degdegan juga dan bikin nyali ciut saat ada di atas perahu karet . Tapi begitu perahu kita mulai jalan mengarungi jeram di sepanjang sungai Citarik, lambat laun perasaan degdegan itu luntur dengan sendirinya . Kita juga didampingin sama 1 team rescue dengan 3 orang anggota yang ntah siapa nama mereka . Ga kenalan dulu sebelumnya sih jadi gatau siapa aja namanya .

team 1 : Mas Batak, Ajeng, Nevi, Pipit

team 2 : Mas Badroe, Molin, cowonya Molin, Gowie

Selain jago bawa perahu karetnya saat ada rintangan bebatuan yang menghadang, Mas Batak juga iseng bangetbangetan , karena kita masih pada kering setelah mengarungi 2 km langsung dicipratin air sungai dari belakang . Basah kuyup lah kita bertiga . Gileeee airnya dingin beneeeerrrr . . . Rasanya ngedayung perahu karet itu ternyata pegel juga ya, tangan gue sampe merah dibuatnya . huhuhuhuhu . Saat kita sampai di air yang cukup tenang, Mas Batak ngajakin kita buat nyebur ke sungai . Ini nih yang bikin gue sempet bete awalnya, karena gue ga siap nyebur eh salah satu dari team rescue ntah nama nya siapa panggil aja dia dengan sebutan tersangkayangnyeburinguekesungai dan yang baru gue tau kalo namanya Rudi (thanks to Puput yang udah bantuin nyari namanya nanya ke temen nya yang kerja di arus liar ,Dika, dan bikin gue super malu dengan cerita gue.hahahaha) iseng banget narik pelampung gue dari belakang . Kecemplunglah gue ke sungai . Sialnya pas gue nyebur itu perahu team rescue ternyata ada di atas kepala gue . Gila banget nih pengalaman pertama gue kecebur dan super duper bikin panik, mana airnya dingin banget lagi. Gue punya asma dan paru-paru gue ga tahan kalau lama-lama berendam di air dingin bikin gue semakin susah napas makanya gue super panik walaupun gue bisa berenang. Gue dorong-dorong perahu karetnya team rescue biar ga ngalangin gue buat ke atas tapi tak kunjung pindah tempat juga itu perahu . Setelah gue meronta-ronta dengan hebatnya di bawah tu perahu karet akhirnya gue bisa selamet juga langsung ngambil napas . Pantat gue sakiiiiittt bangetbangetan kayak keram gitu diceburin tiba-tiba , hidung gue juga sakiiiittt bangetbangetan kemasukan air sungai . Dan pada detik itu gue dendam kesumat sama tersangkayangnyeburinguekesungai tanpa liat sikon . Tunggu pembalasanku haaahhhh !!!!!!. Kejadian itu bikin gue lumayan takut kecebur ke sungai lagi sepanjang perjalanan di sungai Citarik .

tersangkayangnyeburinguekes
ungai

Sebenernya yang bikin gue agak jijik buat nyebur di sungai Citarik itu ya karena air sungainya udah benerbener tercemar dengan 'lele kuning' yang sebelumnya di keluarin oleh penduduk setempat waktu kita lagi briefing . Geli banget sumpah ih . Bayangin aja pas lo lagi kecebur gitu trus hidung lo kemasukan air atau ga sengaja keminum air sungainya yang udah tercemar sama 'lele kuning' itu . eeeuuuwwwwhhh bangeeetttt !!! . Sialnya, tersangkayangnyeburinguekesungai kayaknya nyadar banget ada mangsa yang asik buat diceburin yang mana mangsanya itu adalah gue!!! . Jadi setiap perahu karet team rescue lewatin perahu karet gue, tu orang cengarcengir aja ngeliatin gue kalau-kalau ada kesempatan emas buat nyeburin gue lagi . Super duper sial gue . Begitu udah nyampe setengah perjalanan, kita istirahat sejenak untuk minum dan meregangkan badan . Belom apa-apa badan gue rasanya remuk redam gara-gara kejadian-tak-diharapkan itu .

ki-ka : Ajeng, Nevi, Pipit, Gowie, Molin, Cowonya Molin

15 menit setelah istirahat, kita kembali memulai perjalanan . Gue berganti posisi sama adek gue yang ntah kenapa dia minta pindah tempat . Jadinya gue satu kelompok dengan Molin dan Cowonya, sementara adek gue satu kelompok dengan nevi dan Pipit. Tantangan nya lebih menegangkan dan lebih seru dari sebelumnya, lebih banyak bebatuan dan cuma ada sedikit arus tenangnya. Sayangnya mas Badroe kurang lihai dalam menghadapi rintangan ga seperti Mas Batak yang lancar bener naklukin rintangan bebatuan . Tiap perahu karet nyangkut di bebatuan yang cukup gede, itu perahu mesti digoyang-goyangin dengan heboh dulu biar bisa ngikutin arus . Tapi seru laaaahhhh bikin kita melatih kekompakan satu team dalam menghadapi rintangan .

ganti posisi team 1 : Mas Batak, Gowie, Nevi, Pipit

ganti posisi team 2 : Mas Badroe, Ajeng, Molin, cowonya Molin

Begitu sampai arus tenang, perasaan gue udah mulai ga enak nih . Pasti bakal ada yang jorokin gue nyemplung ke sungai lagi nih . Bener aja, begitu dayung yang gue pegang ga sengaja nyemplung ke sungai duluan terus gue cari-cari eh gue kena tipu . Kali ini tersangkanya adalah pacarnya Molin . Gue lagi nyari-nyari tu dayung di tempat yang dikasih tauin pacarnya molin dari belakang gue langsung dijorokin . Keceburlah gue, sakit lagi lah pantat dan hidung gue . Apes bener emang nasib gue . Huhuhuhu . si tersangkayangnyeburinguekesungai ketawa aja ngeliatin derita gue . Inilah saat yang tepat untuk membalas penderitaan gue sebelumnya, waktu dia lagi santai di atas perahu karetnya, dengan paksa gue tarik dia dari atas perahu dan akhirnya kecebur juga tuh orang langsung gue lelepin kepalanya ke dalam sungai . Dendam terbalaskan !!! hahahahahaha . By the way, nevi juga kayaknya gregetan juga sama tuh orang soalnya nevi juga ngambil andil dalam masalah lelepin tersangkayangnyeburinguekesungai . Gara-garanya tiap nevi minta diangkat ke atas perahu ditipu terus sama tersangkayangnyeburinguekesungai bukan nya di angkat ke atas perahu malah semakin dilelepin jadinya nevi bales dendam juga ngelelepin tu orang . Lebih apes nasibnya dia kayaknya banyak musuhnya gitu yang berencana buat bales ngelelepin dia . gahahahahahahahaha . . .

2,5 jam telah berlalu dan kita akhirnya nyampe finish juga di Desa Citangkolo Kecamatan Cikidang . Kita dapet kelapa gratis , sayang sih kurang seger kelapanya karena ga ditambahin es batu , daging kelapanya juga tipis tapi tetep dinikmatin lah ya . Waktu gue mau ke toilet buat benerin jilbab gue yang berantakan gara-gara tragedi kecebur seharian tadi, eh ada si tersangkayangnyeburinguekesungai di depan toilet . Gatau kenapa ya perasaan gue selalu ga enak tiap ada dia . hahahaha . Bener aja pas gue masuk toilet dengan isengnya tu orang matiin lampu toilet sambil cekikikan di luar . Astagaaa . . . kayaknya tu orang emang bakat ngisengin orang banget yaaa . graaaaahhh !!!. Yang anehnya itu pas gue lagi ngumpul sama anak-anak sambil makan minum kelapa, eh ga sengaja ngeliat dia senyum-senyum sama gue dan tiba-tiba perasaan gue jadi tidak menentu . Dari sini gue belajar untuk ga terlalu dendam sama lawan jenis lo karena b-a-h-a-y-a !!!. Dendam sama suka itu cuma beda tipis sodara-sodara . Hal itu berakibat sampe detik gue ngetik blog gue ini, gue jadi suka kepikiran kejadian kemaren dan bikin hati gue cenat-cenut tiap inget . hahahah siaaalll . . . malu banget gue pake ngomong beginian di sini . Sayang sih gue gatau siapa namanya dan satu-satunya bukti otentik penampakan dia cuma keliatan punggungnya doang di salah satu foto yang gue post di atas. I wonder if he knows what I write in my blog . What will he do then ? Trying to find me or he just doesn't care ?. Hahaha poor me !!. Kalau kata si Rebby, kelakuan gue itu ibaratnya cinderella tapi di sini tuker posisi, gue sebagai sang putri yang berusaha untuk menemukan sang pangeran . Hahahahaha . Kebanyakan ngayal yang aneh-aneh jadi eror gini otak gue :p .
*sadar jeeeuuuunnggg . . .siapa tau dia udah punya cewek bahkan lebih buruknya udah berkeluarga . Kembali ke jalan yang lurus jeeeuuunnnggg* .

Setelah semuanya selesai, kita beberes mandi dan sebagainya, sekarang saatnya melihat-lihat foto candid yang diambil oleh fotografer yang siaga sepanjang jalan sungai . Untuk fotonya lumayan mahal ya, per orang 1 foto bayar Rp 20.000; . Tapi untuk paket 1 cd harganya Rp 300.000; itu udah semua foto . Karena kita berenam jadi masing-masing per orang berkewajiban membayar Rp 50.000; . Jauh lebih murah kan dripada yang perorangan . Tapi karena kita ga mudeng dengan maksudnya, awalnya kita milih yang perorangan . Liat-liat fotonya satu per satu untuk diambil yang menurut kita bagus . Si Nevi yang kebagian tugas ngitungin jumlah fotonya mulai sibuk ngebagi-bagi harga foto yang dobel . Heboh banget ga kelar-kelar ngitungnya udah kaya orang lagi masang nomer togel . hahahaha . Begitu nevi udah capek-capek ngitung, gue baru ngeh dengan maksud paketan abis awalnya gue bingung kalau mau make paket tapi si Molin dan cowonya ga tertarik buat ngambil foto-fotonya dan akhirnya gue saranin kita ngambil yang paketan tapi dibagi 4 bukan dibagi 6 . Ya harganya juga masih jauh lebih murah dibanding yang perorangan . Gebleg lah kenapa ga dari tadi aja milih paket udah tinggal dicopy semuanya dalam 1 cd ga perlu lama-lama nyari foto yang bagus terus dihitungin dibagi dan sebagai nya seperti yang nevi lakukan . hahahahaha .

Kesimpulan dari acara jalan-jalan kita kemarin adalah : TOTALLY FUN !!! . Makasih ya arus liar untuk seru-seruan nya kemarin terutaman untuk Mas Batak dan Mas Badroe yang udah jadi 'nakhoda' perahu karet kita dengan serunya . Kapan-kapan jadi nakhoda kita lagi ya mas jangan lupa ajak team rescue yang kemaren juga . . . hahahahaha .

P.S : So . . . what's next ? Paralayang kah ?? hahahaha . Karimun Jawa dulu lah ya di bulan Juli . wooohhhoooo . . . .

Lotta Love,

Nevita Indah February 04, 2011 5:25 pm

cooyy.. hahahahaha.. gw ketawa2 nih baca tulisan lo hahahaha.. sukses ya boyy dgn pria misterius lo itu :))
btw fotonya oke bgt tuh, cm kelihatan punggungnya hahahahah..
anw, blog templete lo kerennnnnn.. dpt dr mn? :p

Nevita Indah February 04, 2011 5:30 pm

oia satu lagi, foto2 rafting lo muka takut semua ya gw perhatiin? bikin gw ngakak.. heehhehehe :p

Ajeng Aryanti February 04, 2011 11:23 pm

geli sendiri gue tiap baca postingan blog gue ini . kaya abege baru kenal cinta monyet aja . hahahaha . . . kirakira tu orang bakal baca blog gue ga ya ?? penasaran klo dia ngebaca bakal kaya apaan ??? nyahahahaha . . .

maklum lah, gue udah kburu panik dluan garagara pertama kali kecebur langsung ketutupan perahu karet . huhuhuhu . kapankapan yok yang 13km/5 jam . hahahahaha

Unknown December 04, 2014 8:30 am

Hal yang tidak pernah terbayankan kini menjadi kenyataan dengan keluargaku,,,untuk MBAH.RIJI kami ucapkan banyak terimakasih karna berkat bantuannya ALHAMDULILLAH keluarga kami bisa lepas dari merubah nasib kami hanya sekejap,dan disitulah aku berkesempatan kumpulkan uang untuk buka usaha kembali,karna baik rumah sudah disita,,warung makan jg sudah bangkrut,,tapi itu semua aku masih tetap bertahan hidup dengan anak istriku,,walau cuma kontrak tapi aku tetap bersabar dan akhirnya MBAH RIJI lah yang bisa merubah nasib kami..MBAH RIJI orang paling bersejarah kepada keluarga saya…!!! Kepada teman2 yang di lilit hutang dan ingin merubah nasib baik dari pada sekaran HBG: 082 388 362 128 -MBAH RIJI ,dengan penuh harapan INSYAH ALLAH pasti tercapai dan sudah terbukti.

Anonymous March 30, 2016 2:15 pm

hai kak ajeng , iseng" cari artikel ttg rafting , ehh nemu blog ini. kebetulan bsok minggu diajak sma temen , dan ini pengalaman pertama (T,T) mkasih info nya ttg perihal penceburan yg tdk diinginkan hahaa aku ngakak baca nya. sukses terus kak :-)