Wednesday 17 August 2011 - 5 comments

Jadi MaBa Lagi !!!

Begitu lulus dari D3 Perumahsakitan FKUI tahun ini, gue emang berencana untuk melanjutkan lagi kuliah ke jenjang S1 ketimbang gue ngelamar kerja belom lagi keluarga gue juga rata-rata pada nyuruh gue jadi sarjana dulu baru cari kerja. Lumayan lama juga waktu yang mesti gue capai untuk jadi sarjana sekitar kurang lebih 2,5 tahun. Di saat teman-teman angkatan gue udah pada jadi sarjana kemungkinan gue baru jadi sarjana 1,5 tahun lagi. Gapapa lah ya ga ada kata terlambat untuk belajar dan meraih cita-cita.

Sebelum tes ekstensi ini, gue emang udah niat banget sampe beli buku-buku soal untuk persiapan tes ekstensi. Dari buku soal-soal tes cpns, buku soal bahasa inggris, buku soal matematika, sampe buku soal TPA (Tes Potensi Akademik) gue lahap. Persiapan tes yang cuma sebulan emang kurang banget untuk gue memahami soal-soalnya yang bener-bener gue udah lupa banget kayak rumus matematika dan grammar bahasa inggris yang sampe sekarang masih blo'on banget. Sempet mencoba untuk berguru ke sobit gue yang calon guru bahasa inggris eh begitu nyampe rumahnya bukannya belajar malah bacain novel-novel simpenannya doi. hahaha.

Gue pikir tadinya gue ga bakal lolos tes ekstensi untuk jadi mahasiswa baru FKM (Fakultas Kesehatan Masyarakat) UI. Gimana ga berpikiran kaya gitu ??? Saat gue menghadapi soal ujiannya (soal ujian yang diberikan ada 2 yang pertama soal Tes Potensi Akademi dan Bahasa Inggris) terutama soal ujian bahasa inggris sumpah demi apapun juga gue ga bisa jawab !!!. Begitu gue baca soal ujiannya gue sama sekali gatau itu artinya apaan !!!.


jenis soal yang bikin mata jereng


jenis soal yang bikin senewen


Gue baru nyelesain 50 soal ujian yang belom tentu bener apa engga jawabannya eh pengawas tiba-tiba bilang "yak waktu anda SEPULUH MENIT LAGI !!!!". Gue liat temen gue yang duduk disebelah gue udah ngisi penuh lembar jawaban dengan bulatan hitam. Tapi karena soalnya beda depan belakang samping gue dengan soal gue, ya emang ga bisa nyontek. Yaudalah pasrah aja gue akhirnya gue tembak semua jawaban untuk 50 soal berikutnya. Begitu keluar dari ruang ujian gue liat wajah temen gue rata-rata pada lesu. Salah seorang temen gue bilang "Gila banyak yang gue kosongin. Daripada gue isi ngasal trus dikurangin (penilaian pake sistem min dan plus. jawaban salah dikurangin 0,2 dan jawaban bener ditambah 1) mending gue kosongin aja". Langsung lemes aja gue dengernya kepikiran kalau yang 50 soal gue tembak itu salah semua ya wassalam.

Setelah tes itu entah gue bener-bener ngerasa bakal jadi pengangguran menyedihkan kalau ternyata gue ga lolos tes ekstensi ini secara temen-temen segeng gue udah pada dapet kerja. Gue ga punya plan b pula kalau ga lolos tes ekstensi ini. Cuma bisa berdoa dan nyerahin semua sama Yang Maha Kuasa. Beberapa hari sebelum pengumuman lolos tes, temen-temen gue yang ikut tes pada berkicau di twitter bikin gue semakin setres. Sehari sebelum hari H malah ada yang lebih parah lagi pada ngetweet ga bisa tidur lah, perut mules lah, ga berani buka web pengumumannya lah bla bla bla. Tapi sumpah ya gue sama sekali ga ngerasain yang temen-temen gue pada rasain . Ga deg-degan, ga mules, dan tetep bisa tidur nyenyak.

Minggu, 14 Agustus 2011 Pukul 08.00 WIB, tibalah waktunya pengumuman yang ditunggu-tunggu. Beberapa temen gue yang udah buka hasil pengumuman nge-tweet ngabarin kalo mereka diterima. Barulah timbul rasa deg-degan itu. Sebelum buka website pengumumannya, gue sholat dhuha dulu minta diberikan hasil yang terbaik. Akhirnya dengan bismillah gue buka webnya daaann . . . .

sebuah keajaiban berkah Ramadhan

Langsung sujud syukur terus nangis gue begitu lihat hasil pengumumannya. Benar-benar Tuhan itu Maha Baik, Maha Mendengar dan Maha Mengabulkan doa hambaNya yang memohon padaNya dengan sungguh-sungguh. Alhamdulillah gue masih dikasih kesempatan untuk kuliah lagi, memperdalam ilmu gue dan bikin keluarga gue bangga. Ngeliat senyum yang mengembang di wajah kedua orang tua, adik dan eyang gue bener-bener ga bisa gue utarain gimana rasanya. Semoga gue selalu dikasih kesempatan untuk melihat senyum mereka yang mengembang itu lagi.

Bagi gue, diterimanya gue di ekstensi fkm ui ini bukanlah suatu tujuan akhir melainkan sebuah awal perjuangan gue untuk mencapai tujuan akhir gue menjadi orang sukses dunia akhirat. Ini saatnya untuk gue lebih menghargai kesempatan yang udah dikasih ke gue. 2,5 tahun gue rasa bukanlah waktu yang lama. Semoga gue bisa mempergunakan waktu 2,5 tahun itu sebaik mungkin yang nantinya akan membuat gue melihat senyum terkembang di wajah orang-orang ya gue sayang. Semangkaaa semangat kakaaa !!!!

MaBa = Mahasiswa Bangkotan




Lotta Love,


5 comments:

Raudina Ramani August 12, 2015 2:17 am

permisi kak, boleh minta contact yg bisa saya hubungi? terima kasih

Unknown August 11, 2016 3:41 pm

kak aku mau tanya, lulus ekstensi fkm ui katanya paling ngga harus 4 thn. itu bener atau ngga ya? makasih kak

Unknown May 03, 2017 11:05 am

Hmm blh donk kk minta bantuannya, ni sya jg pngn lnjt fkm ui s1 ekstensi..trimakasih

Id October 31, 2017 11:22 am
This comment has been removed by the author.
Id October 31, 2017 11:23 am

ded degan liat foto keterimanya. semoga saya menyusul

Post a Comment