Tuesday 31 January 2012 - 2 comments

Ketika Sebuah Persahabatan Renggang Karena Bisnis

Ternyata bisnis yang belum lama ini gue rintis bareng sahabat gue benar-benar bisa bikin hubungan gue dan dia jadi renggang seperti sekarang ini. Cuma karena miskomunikasi anatara gue dan sahabat gue yang super sibuk bikin semuanya berantakan.

Masalah bermula dari munculnya komplain seorang pembeli yang tiba-tiba nge-wall di FB bisnis gue. Gue yang baru aja bangun langsung shock begitu buka FB ngeliat ada yang nge-wall (agak) kasar bilang kita nipu dia. Gue yang bingung ga tau dengan permasalahannya langsung sms sobat gue itu nanya kenapa bisa ada yang nge-wall kasar macam itu di FB???. Karena sobat gue itu bales sms nya lama, maka gue pun berinisiatif bertanya kepada si pembeli ada masalah apa sampe nuduh kita penipu seperti itu. Kemudian si pembeli yang marah itu ngomen dengan ketus ke salah satu status FB yang ditulis sobat gue itu yang berkaitan dengan video tutorial hijab yang katanya tidak dia terima bersamaan dengan barang pesananan dia. Menurut pembelinya ini, sobat gue bilang video tutorialnya dalam bentuk vcd sementara sobat gue bilang videonya dikirim melalui e-mail. Setelah gue ngomen panjang lebar ke pembelinya, sobat gue baru bales sms gue dan nyuruh gue untuk ga usah menggubris si pembeli. Gue sebagai penjual yang baik merasa ga sepatutnya untuk lepas tangan begitu saja terhadap komplain dari pembeli. Karena gue mau pembeli gue puas dengan apa yang gue jual dan pelayanan yang gue berikan.

Namun sepertinya pandangan sobat gue itu berbeda dengan gue karena dia memutuskan untuk ga mau ngurusin si pembelinya lagi dan lepas tangan terhadap komplain yang diajukan. Saat gue minta dia untuk mengkonfirmasi permasalahannya dia cuma bilang nanti-gue-ceritain dan dia juga minta waktu untuk memikirkan semuanya. Oke gue sabar nunggu dia punya waktu buat nyeritain semuanya dari A-Z ke gue dan kita janjian untuk ketemu tanggal 23 Januari 2012 ngobrolin masalah ini sekaligus ngitung pendapatan kita sebulan ini.

Gue pikir masalah tutorial hijab itu udah selesai ternyata si pembeli komplain lagi masalah inner maroko yang dia pesan ternyata warnanya ga sesuai dengan yang ada di foto. Ternyata setelah gue cek emang warnanya beda karena sobat gue ini motret menggunakan blitz sehingga warnanya tampak lebih terang sementara barang pesanan yang dikirim warnanya lebih gelap. Gue udah jelasin ini pasti karena masalah pencahayaan dan gue juga udah ngebuktiin dengan memfoto inner maroko gue dari jarak dekat yang 1 pake blitz dan yang 1 lagi tanpa blitz yang emang ada perubahan warna. Si pembeli ternyata masih belum puas dan dia bilang mau ngebuktiin hasil foto bukti gue itu ke studio foto. Gue persilahkan karena gue ga bohong dan foto itu asli baru gue foto saat itu. Akhirnya pembeli gue menyudahi komplainannya.

Seminggu kemudian setelah damainya hidup gue tanpa komplainan si pembeli, tiba-tiba minggu pagi gue dibangunkan oleh ping-an bbm si pembeli itu lagi yang katanya dia udah foto jilbabnya di ruang terbuka tapi warnanya masih gelap tidak berubah terang seperti yang gue bilang. Ya wajar aja tetep gelap orang dia fotonya dari jauh. Gue jelasin lagi klo gue foto inner nya dari jarak dekat dengan kamera dan ditambahin blitz. Kemudian dia lanjut komplain masalah video tutorial yang ternyata ga bisa dibuka di e-mail dia karena memorinya terlalu besar. Karena gue udah capek juga ngeladenin si pembeli yang rasanya tiada berakhir ini, gue pun nanya sebenernya mau dia itu apa?. Dia bilang dia mau videonya dikirim tetap dalam bentuk vcd dan masalah inner itu katanya dia udah iklas disedekahin sama dia. LAH KALO EMANG UDAH IKHLAS NYEDEKAHIN NGAPAIN JUGA MASIH DIKOMPLAIN ??? Pengen makan orang gue rasanyaaaahh !!!!

Dan masalah dengan sobat gue ini, setelah sebelumnya kita janjian untuk ketemu tanggal 23 itu yang ternyata dia ga ada kabarnya sampai saat itu. Anehnya lagi dia nyampain pesan ke sobat gue yang lain lewat fb kalo dia nanti mau ngirim surat ke gue nyeritain semuanya. Lah kalo emang niat mau nyeritain ngapain juga pake perantara sobat gue yang lain ??? kenapa ga langsung bilang aja ke gue ??? Sesibuk itukah ? tapi kalo dia sibuk kok dia bisa nitip pesan ke sobat gue ??? aneh !!!. Sumpah dari situ gue beneran kesal baangeeettt . . . gue rasa sobat gue ini emang sengaja ngejauhin gue. Akhirnya gue nyindir dia lewat sms gue tanya kabarnya dia gimana, masih inget gue apa engga. Dia balesnya yang santai gitu seakan ga ada apa-apa. Ntah sindiran gue yang terlalu halus apa emang dia yang udah terlalu kebal disindir. tauk dah!!.

Siangnya gue dapet kiriman dari dia. Dia ngembaliin kamera gue yang sempet dipinjam, uang pendapatan gue selama ini dan surat. Pokoknya di dalem surat itu dia nyeritain panjang lebar masalahnya dengan si pembeli dan dia bilang dia mundur dari bisnis kita karena ga mau ngerusak persahabatan karena masalah uang karena menurut dia uang itu masalah sensitif dan dia juga bilang kalo persahabatan kita akan tetap baik-baik aja. Dia juga sekarang udah move on dengan mulai bantu bisnis konveksi nyokap dan temennya dan meninggalkan masalah yang tidak terselesaikan itu ke gue!!!.

Sumpah gue kecewa sama dia, selama ini berarti dia emang ga kenal gue ternyata. Padahal gue udah berulang kali bilang ke dia kalo gue ga peduliin masalah uang toh uang ga bakal gue bawa pas gue mati nanti kan??. Tapi ternyata dia mikirnya seperti hubungan kita ini bakal hancur cuma karena uang itu aja. Dia salah, yang bikin gue kecewa dan kesal sama dia itu masalah keprofesionalitasan dia dalam menjalankan sebuah bisnis. Karena yang gue tangkep saat ini adalah dia cuma mau maju untuk ngebujuk banyak pembeli membeli dagangan kita tapi saat ada masalah seperti ini dia memilih untuk lepas tanggung jawab dan ga ngebantu gue buat nyelesain masalahnya sampai tuntas. Belum lagi selama kita joinan, dia ga pernah cerita ke gue ada masalah atau apa aja mengenai pembeli. Karena selama ini dia yang paling banyak berinteraksi sama pembeli dan gue biasanya cuma nyatetin apa-apa aja barang yang terbeli gue jadi ga tahu menahu permasalahan yang ada. Gue pikir selama ini bisnis gue baik-baik aja makanya gue shock begitu ada yang nge-wall marah-marah seperti itu di FB.

Sekarang gue dihadapkan dengan pilihan mau maju terus apa cukup sampai sini aja bisnis gue ini. Jujur, sebenarnya gue masih mau bisnis ini tetap berjalan tapi kalo inget masalah ini jadi males juga gue. Belom lagi gue sadar gue ga mungkin ngerintis bisnis sendirian karena gue emang masih baru banget dan butuh belajar dari ahlinya dalam menangkap para pembeli untuk beli dagangan gue. Lucu ya ternyata persahabatan gue sama dia yang udah berumur hampir 7 tahun ini retak cuma karena kesalahpahaman bisnis seperti ini. Mungkin kita emang ga pantas dibilang sahabat karena sepertinya kita tidak saling memahami kemauan satu sama lain, tidak saling mengerti sampai timbul kesalahpahaman ini. Kalo dia bilang hubungan kita bakal baik-baik aja, gue bakal bilang hubungan kita ga akan pernah baik-baik aja sebelum kita berdua bertemu dan ngobrolin masalah ini dan meluruskan semuanya. Ntahlah dia masih mau ketemu sama gue apa engga.


Lotta Love,

2 comments:

Mochammad Nasrulloh February 06, 2012 11:59 pm

widiw, curhatan yang ajib yak.
tapi "haruskah berhenti detengah jalan?, karena masalah sepele. yang seharusnya bisa dipelajari sambil berjalan".

Orang dibarat dia bekerja dengan tekad kebisaan dia, walaupun dia tau dirinya tidak bisa mbak.

kunjungan perdana, berawal dari kalah kasta dengan kata kunci blog ku di google

tapi keep posting mbaknya, and fight buat bekerjanya

ijin ikat sahabat di follower ya mbak :)

Ajeng Aryanti February 08, 2012 8:35 pm

kadang dengan curhat lewat blog seperti ini sudah bikin hati menjadi lega :).

sebenarnya saya juga rasanya sayang klo harus berhenti di tengah jalan tapi maslahnya sekarang garagara masalah bisnis ini saya jadi kehilangan sahabat saya. jadi nyesel rasanya memulai bisnis ini. Kalo aja dari awal ga mulai bisnis ini mungkin sampe saat ini saya masih sahabatan sama sahabat saya :(

thanks utk semangatnya :)

Post a Comment