Sunday 14 October 2012 - 1 comments

Percobaan Backpacking Ke Malaysia - Singapore #1

Gue mungkin bakal jadi blogger terkutuk kali ya saking lamanya ga pernah ngepost blog lagi muahahahaha.... Maaf ya pembaca blog ku sekalian, karena banyak hal jadinya sempet bikin gue males buat posting keseharian gue di blog ini. Tapi palingan juga ga ada yang nyariin yaaa hahahaha . . . Mumpung sekarang gue ga ada kerjaan dan modem internet lagi kenceng-kencengnya, gue memutuskan untuk memulai postingan blog gue pagi ini. 

Gue punya sedikit cerita seputar backpacking percobaan gue ke luar Indonesia untuk pertama kalinya. Berhubung baru pertama kali, jadi ya jalan-jalannya ke negara tetangga yang deketan dulu dari Indonesia yaitu Malaysia dan Singapura. Namanya backpacking sudah pasti budgetnya sangat terbatas ala-ala gembel dan ga bisa bermewah-mewah juga. Gue sih ga masalah yang penting bisa jalan-jalan mehehehe.... Untuk edisi postingan gue yang ini, gue mau nyeritain tentang persiapan gue sebelum berangkat ke KL dan SG. Mari disimak :)

Gue lupa kapan tepatnya, yang  pasti September tahun lalu ada seorang teman yang tiba-tiba ngajakin ke Malaysia dan pada saat itu lagi ada promo dari Air Asia Jakarta - Kuala Lumpur Rp 40.000; pp jadi Rp 80.000; setelah ditambah asuransi dan tax segala macam jadinya pp Jakarta - Kuala Lumpur - Jakarta Rp 325.000; hahaha lumayan banget kan :D . Akhirnya gue booking untuk 6 orang karena rencananya yang mau berangkat ya 6 orang itu (Gue, Awi, Nevi, Molin dan Feby), besoknya ternyata sobat gue, Reby, juga mau ikutan akhirnya gue booking lagi 1 tiket untuk Rebby untung masih dapet tiket promo cuma untuk pulangnya gue sama Rebby pisah karena Rebby dapet pesawatnya yang 2 jam lebih pagi dari gue. Gapapa deh yang penting ntar ke airport nya barengan juga.

Setelah proses booking mem-booking beres, gue ga ada perasaan aneh apapun itu sampe sekitar bulan Mei kalau ga salah waktu itu Rebby mulai buat ngurus paspor, nah begitu paspornya udah mau selesai Rebby nanya sama gue perihal pembookingan tiket yang atas nama gue. Jadi gue bookingnya tiket nama Rebby tapi informasinya atas nama dan email gue yang dipake. Agak sedikit was-was juga sama tiketnya Rebby, saat gue cek di web nya Air Asia bagian manage my booking pas gue search kode bookingan tiketnya rebby ternyata ga ada di web nya sementara bookingan tiket gue yang pertama ada. Akhirnya rebby telpon ke Air Asia nya dan ternyata tiketnya dia ke-decline sodara-sodara!!!. Gue juga gatau sebab nya apa yang jelas tiketnya Rebby hangus!!!. Rasanya bersalah dan ga enak banget gitu sama Rebby mana dia udah siap paspor juga sementara gue dan yang lainnya yang fix berangkat malah belom siap apa-apa. huhuhu . . . so sorry bek :"( .

Berhubung jadwal berangkatnya bulan September, sekitar akhir Juli gue baru mulai bikin paspor mumpung lagi libur kuliah juga sih. Bikin paspor ga perlu pake calo deh mending langsung aja dateng ke kantor imigrasi, bayar Rp 225.000; jauh lebih murah dibanding pake calo walopun emang jadi agak ribet juga karena mesti 3x bolak balik ke imigrasinya. Jadi hari pertama datang buat isi formulir dan kasih berkas (Fotokopi KTP, IJazah, KK), kedua untuk foto, cap sidik jari dan interview jangan lupa bawa berkas asli KTP, KK dan Ijazahnya, ketiga baru datang lagi untuk ambil paspornya. Kalau ke kantor imigrasi lebih baik datangnya pagi ya sekitar jam 8 pagi udah di sana biar ga lama nunggunya karena peeenuuuuhhh banget antriannya !!!.

Untuk persiapan budget dari tanggal 20 - 24 September 2012 ke KL dan SG, berhubung gue lama di KL dan di SG cuma sehari jadinya gue sedia 1juta untuk KL dan 500ribu untuk SG (1RM = Rp3.160; 1SGD=Rp7.810;) jadi kira-kira gue dapet 316RM dan 64SGD. Kalau bisa kalian minta recehan aja untuk SGD nya karena pasti lebih butuh receh dibanding uang gede untuk jalan-jalan ala gembel di SG hehehehe. Eh baru aja sehari nuker duit gue udah kehilangan recehan koin 10SGD apeeesss banget dah. Untuk penginapan di KL gue booking di HostelBookers dapet hotel Kintamani Travellers Lodge untuk 2 malam (AC, tv, kamar mandi dalam, 1 kamar 3 orang, no breakfast, dan dekat kemanapun) seharga 57RM (kira-kira Rp180.000;) saja per orang mehehehehe. Sementara untuk di SG nya kita cuma sehari dan memilih bermalam diperjalanan saja naik bis malam dari KL begitu juga baliknya dari SG ke KL.

Ada baiknya sebelum berangkat kalian bikin itinerary perjalanan nya dahulu biar ga ribet dan udah tau jadwalnya mau kemana aja selama di sana. Gue pun juga begitu, urusan pembuatan itinerary selama di Kuala Lumpur gue serahkan ke Nevi dan gue bikin itinerary untuk Melaka dan Singapur. Kalau mau ngitung pengeluaran MRT di singapur bisa dilirik ke sini. Tapi sih saran gue kalau ke singapur mending beli tourist pass aja daripada bayar MRT manual jatuhnya malah lebih banyak kayak gue kemaren bisa abis 13SGD untuk naik MRT sehari padahal kalo pake tourist pass cuma ngabisin 8SGD. Dan ada baiknya juga kalian sedia map MRT & LRT di Malaysia dan Singapur biar mempermudah.

Okedeh kayaknya cukup segini saran yang gue kasih bagi kalian yanng baru jadi backpacker pemula ke negri sebrang ya. Kalau ada yang mau ditanyakan silahkaaannn . . .



Lotta Love,

1 comments:

Post a Comment