Thursday 11 July 2013 - 0 comments

Selamat Jalan Eyang ....

Selasa, 2 Juli 2013. Malam itu sekitar jam 9 kurang tiba-tiba gue mendapat kabar di grup bbm keluarga kalo eyang gue masuk rumah sakit disertai dengan foto eyang gue yang sedang terbaring di tempat tidur UGD. Menurut info dari sepupu gue, eyang kecapean karena banyak kegiatan. Gue ga ada perasaan yang gimana-gimana gitu, gue pikir eyang ya cuma kecapean aja jadi butuh istirahat yang cukup di RS. Kemudian gue lanjut nonton Running Man di laptopnya sepupu gue. Disaat gue lagi ketawa-ketawa ngakak saking lucunya sampe keluar air mata, tiba-tiba air mata yang keluar karena lucu itu berubah jadi air mata sesenggukan histeris yang sampe bikin dada gue sakit. 

Foto terahir eyang yang dikirim sepupu gue di RS
Jam 10 malem ada pesan baru di grup bbm kluarga yang berbunyi "Innalillahi wa Innailaihi rodjiun telah berpulang eyang" entah kenapa gue ngerasa sepupu gue ini bercanda, terus gue bales "hah? wo serius?" . Sontak langsung keringet dingin gue, gue coba ngubungin keluarga gue, ternyata pulsa gue abis. Saat gue dapet berita ini gue lagi ga di Jakarta dan lagi liburan di Magelang. Pada saat itu gue lagi nginep di rumah tante gue di Kalinegoro. Mendadak gue langsung nangis, gue bingung sama info yang dikasih sepupu gue. Tante gue yang udah tidur akhirnya kebangun begitu dengar suara gue nangis histeris terus nyoba ngubungin nyokap gue. Ternyata nyokap gue juga udah di RS bersama keluarga yang lain nungguin eyang sebelum eyang berpulang.

Yang gue inget pada saat itu adalah terakhir kali gue ketemu eyang gue seminggu sebelum meninggalnya eyang, hari Jumat sehari sebelum gue berangkat ke Jogja. Saat itu kondisi eyang seperti biasa masih sehat, gue juga lumayan ngobrol banyak sama eyang. Ngobrolin tentang adek gue yang mau KKN di Bantul juga sekalian minta izin kalo adek gue ga bisa lebaran di Jakarta karena ga dapet jatah libur KKN pas lebaran. Waktu itu eyang bilang "mana bisa begitu? ga boleh itu masa ga dikasih libur? itu namanya egois kan masyarakatnya juga pasti pada lebaran sama keluarga" . Sorenya sebelum pulang, gue ga sengaja baca diary nya Rya, sepupu gue yang masih kelas 3 sd. Dia nulis di situ "dear diary, hari ini eyang ke rumah sakit. Eyang sakit jantung. Cepet sembuh ya eyang, nanti aku kasih hadiah" . Terus isi diarynya gue bacain ke eyang juga, respon eyang cuma senyum aja dengan senyumnya yang biasa yang bikin hati adem. Pas gue mau pamit pulang, eyang juga ngasih beberapa rejeki buat gue selama di Jogja. Gue jadi sering ga enak, eyang sering banget ngasih rejeki ke gue sementara gue jarang banget berkunjung ke rumah eyang.

Setelah dapet berita meninggalnya eyang, gue langsung ngubungin adek gue yang lagi KKN di bantul buat ke Jakarta hari Rabu pagi. Langsung cari pesawat penerbangan pagi, sayangnya semua udah sold out akhirnya dapet paling pagi jam 1/2 10 dari jogja. Sampe jakarta 1/2 11 yang tenyata disambut dengan macetnya jakarta yang gila-gilaan. Dari bandara sampe Slipi macet parah !!!. Alhasil gue sampe rumah eyang skitar jam 1/2 1 dan saat itu eyang udah disolatin. Gue dan adek gue ga sempet liat wajah cantiknya eyang untuk terakhir kalinya. Selesai eyang disolatin adek gue langsung histeris sampe hampir pingsan. Wajar sih, dia emang yang paling jarang ketemu eyang karena dia kuliah di jogja dan kalo ketemu juga pas lagi libur kuliah aja. Terakhir kali dia ketemu eyang kayaknya bulan februari dan dia juga ga sempet lihat eyang untuk terakhir kalinya.

Selesai nguburin eyang, gue ngobrol-ngobrol sama sepupu gue yang nemenin eyang selama di RS. Jadi eyang itu udah kecapean dari hari minggu waktu nyekar ke makam eyang kakung di Kalibata terus lanjut ke makam eyang buyut di menteng pulo. Abis dari situ lanjut makan-makan keluarga di resto di Cibubur. Hari senin, eyang minta dianterin ke supermarket buat beli daging dan malemnya ikut Nisfu Sya'ban di Masjid dekat rumah. Nah pada saat itu ternyata pembuluh darah eyang udah pecah apa bagaimana jadi tangan sama kakinya ada bercak biru. Hari selasanya eyang dateng ke arisan temen-temen pengajiannya ikut bantu-bantu juga. Ternyata pada saat itu eyang udah pamit mau pergi sama temen-temennya. Sorenya pas sampe rumah eyang tiduran karena pusing tapi ternyata ga bisa tidur malah muntah-muntah akhirnya dibawa sama bokap gue ke RS. Gatau emang udah ada firasat atau gimana semua keluarga udah ngumpul di RS. AKhirnya eyang bisa tidur di UGD mungkin karena pengaruh obat juga. Tapi ga lama, begitu oom gue masuk gantian nungguin eyang napas eyang udah mulai melemah akhirnya dipanggil dokter dan seluruh keluarga yang tadi nunggu diluar, udah dicoba pke alat bantu dan segala macemnya tapi emang udah saatnya eyang kembali ke Rahmatullah. Kalo kata nyokap eyang meninggalnya kayak lagi tidur aja ga sakit ga apa.

Gue rasa eyang juga udah siap untuk bertemu sama Allah. Gue tau selama ini eyang amalnya udah sangat cukup buat dibawa ke alam barzah. Gue harus ikhlas kan biar perjalanan eyang di sana lancar. Tapi pastinya rumah eyang ga akan sama lagi tanpa kehadiran eyang dan gue masih belom siap kalo harus nginep di sana. Gue masih berharap saat gue lagi tidur-tiduran di tempat tidur deket jendela di kamar eyang, ada eyang masuk buat ngingetin solat, gue masih pengen denger  suara eyang buka-buka lemari bajunya kalo gue di kamar eyang, gue masih pengen liat eyang baca quran tiap abis ashar di tempat tidur deket jendela, gue masih pengen liat senyum eyang, gue masih pengen liat eyang berangkat ke masjid buat solat subuh, gue masih mau nemenin eyang marathon sinetron tiap gue ke rumah eyang, gue masih mau disuruh eyang bikin surat sewa menyewa toko, gue masih mau ngobrol-ngobrol sama eyang, gue masih pengen disuruh-suruh makan sama eyang, gue masih pengen solat tarawih bareng ke masjid sama eyang.

Yang bikin gue nyesel selama ini gue jarang banget ke rumah eyang padahal jarak rumah gue ke rumah eyang paling cuma 15 menit. Emang kadang gue suka agak males ke sana apalagi klo gue udah di rumah yang pasti jadi males kemanamana karena panas apalagi kalo udah ada stok film yang mau ditonton di hdd jadi tambah males.  Eyang juga suka nelpon ke hp gue dan lagi-lagi suka ga gue jawab telponnya karena gue ga denger eyang ngomong apa di telpon. Kalau aja waktu bisa diputar kembali, gue bakal sering-sering nginep di rumah eyang nemenin eyang menghabiskan waktu sama eyang. Padahal niatnya liburan puasa ini gue emang berencana mau nginep di sana tiap hari, tapi ternyata Allah lebih sayang sama eyang. Sekarang gue tiap hari ke rumah eyang malah saat eyangnya udah ga ada, tiap hari ke sana buat pengajian meninggalnya eyang.

Selamat jalan eyang . . . . Semoga eyang bahagia di "rumah" barunya, dilapangkan kuburnya, diterangi kuburnya, diharumkan kuburnya, diterima amal perbuatannya, diampuni segala dosanya, dilancarkan jalannya menuju surga dan ditempatkan ditempat yang terbaik di sisi Allah SWT. Aamiin....



Saat yang tak kan terulang bersama eyang tercinta :"(


Lotta Love,


0 comments:

Post a Comment