Sunday 18 August 2013 - 1 comments

Perjuangan Liburan Di Solo

Jadi 3 hari yang lalu gue ikut sepupu gue yang selama ini kuliah di Solo untuk liburan di kotanya Bapak Jokowi. Ya daripada gue ga jelas juga liburan di Magelang ga kemana-mana dan ga ngapa-ngapain mendingan gue ngintilin sepupu gue aja kan. Sepupu gue ini sih emang ada perlu ke Solo buat presentasi laporan magangnya dia kemarin. Jadilah gue nginep di kost-nya di kawasan kost-kost-an belakang UNS (lupa nama daerahnya) selama 3 hari di Solo.

Berangkat ke solo hari Rabu tanggal 13 Agustus 2013 dari magelang jam 7 pagi dianterin sama keluarganya sepupu gue sampe ke stasiun Tugu Jogja. Terus pesen tiket kereta Sriwedari berangkat jam 09.10 WIB seharga Rp 20.000; . Kereta enak juga ya ga kayak commuter line Jakarta - Bogor, lebih nyaman dan AC nya juga dingin kayak di kulkas hehehe. Kebetulan kita juga dapet nomor kursi jadi ga perlu berdiri, ya walaupun dapet kursinya mayan ga enak karena nyempil ga jelas deket pintu yang pintunya ga kebuka gitu karena di pintu itu juga dipasang kursi tapi lumayan dah yang penting bisa duduk dengan nyaman sampe Solo hehehe.

Kira-kira jam 1/2 11 kita sampai di Stasiun Solo Balapan dan langsung disambut dengan sengatan sinar mentari. Buuusssyyeeetttt... panasnyaaa nyengaaatt maaaannn!!! kontras bgt sama dinginnya kereta yang kayak di kulkas begitu turun langsung dipanggang -.-. Kita pun memutuskan untuk naik taksi ke kost nya sepupu gue demi kebaikan bersama biar adeemmm. Si pak supirnya pun menyambut kita dengan lagu-lagu cetar membahananya mas Didi Kempot, baiklaaaahhh.....

Dari stasiun ke kost nya sepupu gue ga begitu jauh, 15 menit nyampe lah bayar taksinya juga bayar taksi minimal Rp 20.000; . Nyampe kost istirahat bentar, dia juga beberes kostnya dulu berhubung udah ditinggal sebulan lebih tuh kost selama dia magang di Jogja. Susahnya di solo itu ya kendaraan umum nya !!!! susyaaaahhh buueenneeerrr. . . Berhubung sepupu gue ninggalin motornya di Magelang, ya mau ga mau kita naik kendaraan umum buat mobilisasi selama di Solo yang susahnya minta ampuunn... Nah tempat kostnya sepupu gue yang di belakang UNS ini tempat paling susah nyari kendaraan umum. Angkot jarang lewat, becak gada, kalo mau naik bis batik trans solo mesti jalan kira-kira 2 kiloan sampe gerbang depan UNS. Huuufffttt bangeett!!!.

Sebelumnya gue nanya sama si Bima yang hometown nya di Solo makanan apaan aja yang enak di sini. Kata dia Selat Solo nya Mbak Lies. Okelah gue memutuskan untuk makan siang di sana. Sayangnya si Bima lagi ga pulkam ke Solo jadinya sepupu gue yang kupu-kupu (kuliah-pulang-kuliah-pulang) dan gatau jalan di Solo padahal udah 3 tahun menetap jadi warga Solo memutuskan untuk mesen taksi aja daripada jalan kaki 2 kilo dengan matahari seterik ini.  Kebetulan supir taksinya juga tau pas kita bilang Selat Solo Mbak Lies karena udah terkenal banget berhubung artis dan orang penting di Indonesia kalo ke Solo makannya di situ.

Begitu sampe di Selat Mbak Lies, tempatnya raammee dan penuuuhhh.... lumayan lah antri buat dapet tempat duduk. Begitu dapet tempat duduk, gue pun mesen selat bistik, tahu acar sama minum es degan gula jawa sementara sepupu gue pesen selat galantin kuah saos dan minum es teh manis. Pesenan datengnya lumayan lamaaaa karena banyak orang yang makan di sana juga.

Suasana Selat Mbak Lies dan Makanan yang gue pesen
(atas- bawah :Tahu Campur, Selat Gelantin Kuah Saos, Selat Bistik)

Tempat Selat Mbak Lies ini terbilang unik dengan tiap kursi dan bangkunya yang dari keramik, dindingnya juga dipenuhin sama piring-piring keramik unik dengan tandatangan seleb dan orang penting yang pernah menyantap selat solo di Selat Mbak Lies . Untuk urusan rasa menurut gue ya biasa aja sih, daging bistiknya juga kecil bener dari yang dulu pernah gue makan di resto selat solo gajauh dari pasar Klewer sama nyokap. Tapi harganya murah sih gue makan sebanyak itu juga cuma Rp 50.000;

Abis makan selat, karena masih sore kita memutuskan untuk ngegaul. Sepupu gue nyaranin ke Grand Mall yang katany ga jauh dari Selat Mbak Lies. Tapi dia juga gatau jalan ke sananya naik apa. Setelah tanya-tanya sama bapak juru parkir, katanya ke sana ga ada angkutan umumnya palingan naik becak atau taksi. Jadilah kita naik becak Rp 15.000; buat sampe ke sana yang ternyata jalan nya jaaaauuuuhh aja !!!.

Nyampe di sana bingung juga kita mau ngapain akhirnya memutuskan untuk nonton The Conjuring berhubung gue belom nonton dan penasaran yang katanya filmnya serem banget itu yang ternyata ga serem cuma ngagetin doang. blaaahhh . . . ekspektasi gue ketinggian kayaknya. kecewaaaa.... Selesai nonton udah hampir jam 9 malem dan kita memutuskan untuk lagsung balik ke kost. Nyampe kost gue langsung flu parah, hmmmm.... apakah setannya conjuring ngikutin gue sampe kostan yaa??? hiiiiii.....

Hari Kedua di Solo, paginya sepupu gue ngerjain laporan magang sama temen-temen kelompoknya di kampus dari pagi. Jadilah gue tidur-tiduran ga jelas di kost sampe siang. Abis ashar, kita memutuskan untuk makan siang rangkap makan malam di resto Korea setelah gue cari-cari di mbah google dapatlah gue rekomendasi restoran korea yang katanya enak dan harganya murah yaitu Kimchi Resto yang terletak di jalan Veteran 190. Gue tanya sepupu gue, katanya ke sana bisa naik bis Damri. Okelah kalo begituu akhirnya kita cabs ke sana. Karena sore dan mataharinya ga beringas, kita memutuskan untuk jalan kaki sampe gerbang depan UNS sekalian gue liat-liat kampusnya sepupu gue ini. Jalannya ternyata jauh juga ada kali ya 2 kiloan huuufftt.... Begitu nyampe depan gerbang lama lagi nunggu bis Damri nya. Tiba-tiba ada Batik Solo Trans (BST) dari Damri juga, gue tanya sepupu gue naik itu apa naik bis biasa? kata dia bis damri biasa tapi feeling gue mengatakan kalo kita naik itu. Setalh nunggu lama bisnya ga nongol, baru deh nanya sama pedagang asongan yang ternayata bener feeling gue kalo ke sananya naik BST haiyaaahhh...... udah lama-lama nunggu mana akhirnya lama lagi nunggu si BST. BST ini modelnya kayak trans jogja gitu, bedanya ditiap shelter gada penjaga loketnya jadi kita beli tiketnya di dalem bus bayar langsung ke keneknya.

Batik Solo Trans (BST) Harga tiket Pelajar Rp 2.000; Mahasiswa dan Umum Rp 3.500;
Source : http://surakarta.go.id/konten/batik-solo-trans-bst

Waktu kita mau bayar karcis, ditanya sama keneknya mau turun di mana kita bilang di jalan veteran tapi gatau juga jalan veteran sebelah mananya. AKhirnya kita diturunin di shelter (undakan tangga) depan pasar gitu. Dari situ kita bingung mau kemana akhirnya jalan teruuussss ajaaa.... ada kali sampe 2 kilo kita jalan. Jadi info yang gue dapet, resto nya ini dari matahari singosaren jalan ke arah selatan nanti ada perempatan terus ke arah barat restonya 100m di pinggir jalan. bingung ga tuh ngomongnya pake arah mata angin itu, gue aja gatau selatan sama baratnya di sebelah mana -.-. Setelah berkelana cukup jauh yang bikin kaki gue lecet, nemu juga restonya yang ternyata gajauh dari Selat Mbak Lies haiyaaaaaaahhhhh.....

Banchan, Jjajangmyun, Yukgaejang, Tteokbokki

Waktu kita ke sana restonya sepi, cuma ada 2 orang aja yang lagi makan di sana. Alhamdulillah di depan restonya ada tulisan HALAL nya jadi ga perlu khawatir kalau makan ga kayak di Jakarta yang udah pasti belom halal. Harga nya juga jauh lebih murah daripada resto korea di Jakarta, kisaran Rp 20.000; - Rp 70.000; . Kemaren gue cuma bayar ga nyampe Rp 100.000; hihihihi. Porsinya juga pas sih ga kebanyakan. Cuma Banchan (side dish) nya kurang banyak hahaha. Kalo di Jakarta biasanya ada 6 - 9 banchan di situ cuma dikasih 3 + buah. Untuk soal rasa, berhubung gue baru pertama kali nyoba jjajangmyun jadi gue ga bisa bedain rasanya. Cuma emang agak hambar sih saos kedelai hitamnya terus mienya juga mie indomie gitu kayaknya. Yukgaejangnya enak, tteokbokki nya kelembekan tapi pedesnya pas di lidah gue.

Berhubung kaki gue lecet, ntah karena sepatunya bikin lecet apa kekecilan di kaki gue. Gue memutuskan untuk beli sepatu di Solo Paragon Mall kebetulan di sana ada Payless dan sepatu yang gue pengen waktu itu gue liat ada di payless. Jadilah kita ke Solo Paragon, sebelumnya sepupu gue nanya jalan slamet riyadi daerah Solo Paragon jauh apa ga dari resto kimchi sma pelayannya, kalo kata mas nya sih gajauh tapi sepupu gue ga nanya ke Solo Paragon  nya jauh apa engga -.- . Berhubung kata mas nya deket akhirnya kita memutuskan untuk jalan kaki (lagi!!!). Ga lama kita bingung jalannya mesti ke mana akhirnya nanya ke juru parkir katanya sih deket tapi kalo jalan kaki ya lumayan jauh. Mau naik becak tapi becaknya lagi sepi bener ga ada yang lewat. Akhirnya kita jalan, sambil nyari becak kurang lebi 1,5 kiloooo.... begitu dapet becak minta dianter ke solo paragon orangnya minta Rp 15.000; yaudalah males nawar udah capek kita naik aja. Ternyata malnya masih jaaauuuhhhh booooowwwww !!!! ckckck ga kebayang klo kita masih mau jalan juga -____-".

Nyampe solo paragon ternyata sepatu yang gue mau ga ada nomernya, akhirnya memutuskan untuk lanjut nyari di Payless di Solo Square hahahahaha.... udah jadi anak gaul Solo belom gue??? sehari langsung ke 2 Mall paling hitz se-Solo :)) . Dari Solo kita langsung naik taksi ke Solo Square daripada ga jelas lagi hahaha. Alhamdulillah di Solo Square nomer sepatu yang gue pengen ada. Karena udah malem kita langsung balik ke kost lagilagi naik taksi. Udah kayak orang kaya aja gue selama di solo kemanamana naik taksi padahal kalo di Jakarta males banget naik taksi berhubung ngangkot lebih murah. Seketika aku rindu kemudahan transportasi di Jakarta walaupun Jakarta macet tapi gampang mau kemana-kemananya.

Hari ketiga di Solo, niatnya hai ini mau makan pasta tapi resto pastanya baru buka jam 1/2 4 sore. Jadilah kita memutuskan kesananya abis maghrib. Nunggu taksi abis maghrib itu lamanya mintaaaa ampuuunn . . . pesen taksi rata-rata penuh semua.Begitu dapet pesenan taksi eh taksinya diserobot orang huhuhu. Jadilah kita dapet taksi 1,5 jam kemudian hiks. Langsung minta dianterin pak supirnya ke Oh La vita Resto di Jln Tirtosari No.17 . Tempat makannya anak gaul Solo nih biar ngerasain jadi anak gaul Solo hahaha. Makanan pastanya enaaakk... harganya juga muraaahh sesuai kantong mahasiswa. Kita pesen Fetuccine, Sup jagung, Pizza supreme half, Spaghetti, Ice Oreo blended sama ice lemon tea ga nyampe 100ribu. pokoknya perut kenyang hatipun senang hahaha.

16 Agustus 2013, hari terakhir di Solo. Sayang banget harus ninggalin Solo, padahal gue masih mau naik bus tingkat keliling Solo yang cuma ada tiap weekend (sabtu - minggu). Tadinya minta sepupu gue buat pulang sabtu siang tapi dia kayaknya males lama-lama di Solo huhuhuhu. Jadilah hari itu kita balik ke Magelang. Naik Sriwedari jam 11.10, lagi-lagi dapet tempat duduknya ga asik nyisa gitu masa di gerbong 1 nomor 17 A B duduk sendiri-sendiri -.-

Sedih bener dapet tempat duduk nyisa :(

Pokok nya di lain waktu gue mesti ke Solo lagi dan naik bus tingkat werkudara keliling Solo!!!!. Masih nyesel lah ga di Solo sampe hari Sabtu. huhuhu. Eniweiii . . . Dirgahayu Indonesiaku yang 68 Tahun. Semoga makin jaya selalu dan bebas korupsi dan selalu jadi tanah air kebanggaan yang indah permai. Damn!!! I love Indonesia :*