Saturday 5 June 2010 - 0 comments

Mencintai Indonesia dengan Belajar Tari Daerah

Bicara mengenai MECINTAI INDONESIA , banyak hal yang dapat kita lakukan salah satu nya adalah dengan belajar tari daerah. Karena dengan cara itu, kita bisa lebih memahami dan bangga akan banyaknya kebudayaan di Indonesia sehingga kita bisa lebih mencintai Indonesia disamping banyaknya berita buruk yang sedang melanda Indonesia belakangan ini. Berawal dari sebuah sms ajakan dari sobat sapi, Nevi, yang mengajak untuk ikutan latihan nari daerah di anjungan Sumatra Utara Taman Mini Indonesia Indah, akhirnya sapi ngajak adek sapi, awi, dan teman-teman sapi yang lain. Tergabunglah 4 orang (Sapi, Nevi , Awi, Ditha) yang berniat untuk lebih mencintai Indonesia dengan belajar tari daerah.

Sebenarnya, untuk belajar nari daerah ini bukan hal baru bagi sapi . Sebelumnya, saat sapi SD pun sapi sudah punya basic nari daerah karena dulu waktu SD tari daerah itu termasuk kegiatan yang wajib diikuti siswa dan siswi SDN Kramat Jati 12 Pagi . Begitu juga saat awal masuk kuliah , sapi terdaftar di salah satu UKM kampus yaitu Liga Tari yang mempelajari berbagai macam tari daerah di Indonesia tapi di liga tari itu sapi juga dapet basic tari balet. Latihan nya tuh asik banget tapi berhubung kegiatan latihan nya di pindah di depok, sapi jadi agak males latihan dan akhirnya resign dari liga tari.

Awal masuk latihan nari daerah di anjungan Sumatra Utara TMII, rada kaget juga karena most of all yang ikutan itu anak bocah di bawah umur. Sepertinya kita berempat yang paling tua ikut latian nari itu. Hahahaha. Yang bikin malu itu rata-rata anak bocah di bawah umur udah pada jago nari nya dan tentu saja lebih jago dari kita berempat . Pokoknya tiap latihan nari selalu deh diliatin dengan tatapan aneh sama mereka. "Gede-gede dongo" istilahnya. hahahaha. Karena sudah cukup lama engga ikut latian nari, badan rasanya kaku semua untuk mengikuti gerakan tari nya. Gerakan kaki nya sering kesrimpet sungguh membingungkan karena kita langsung disuruh terjun ke lapangan mengikuti gerakan tarinya langsung tanpa diajarin satu per satu gerakan nya terlebih dahulu. Kita bahkan engga tau tarian apa yang sedang kita pelajari karena guru tari nya engga bilang itu tarian apa dan langsung disuruh ikutin aja gerakan tarian yang lain. 1 tarian belom apal gerakan nya udah ditambah gerakan tarian yang baru buat kita berempat yang emang kerja otaknya sudah melemah dibanding anak bocah di bawah umur ini engga hapal gerakan tari sebelumnya. Saat diajarin tari Saman dari Daerah Nangroe Aceh Darussalam, gerakan tari nya itu beneran butuh konsentrasi dan fokus . Walaupun semuanya baru diajarin tari saman saat itu, tapi rata-rata mereka itu PASTI udah punya basic tari saman diajarin di sekolah mereka masing-masing. Kembali ketinggalan lagi deh kita berempat beneran gede-gede dongo. hahahaha. Belom lagi posisi duduk nya tari saman yang seperti posisi duduk nya orang jepang tradisional yang kaki nya didudukin sama bokong. Hal itu sungguh menyiksa . Rasanya tuh kaki sampe panas. Tapi itu semua engga mematahkan semangat kita untuk belajar dan latihan tari daerah tersebut.

Terhitung sudah 2 minggu lamanya kita latihan nari dan kita masih aja engga hapal gerakan tarian nya. Parah banget emang. Tapi emang karena jadwal nari kita juga yang kurang konsisten. Harusnya kita latihan nari tiap hari Selasa, Jumat dan Minggu tapi karena Ditha sama Nevi masih ada perkuliahan jadi cuma bisa latihan saat hari Minggu jadi emang latihan kita kurang banget dibandingkan dengan siswa yang lain. Oh iya, sekarang nambah 1 lagi siswa yang ikutan latihan nari yaitu sobat sapi yang lain, Merlin. Pertamanya sih emang Merlin yang ngajakin untuk latihan nari lagi dari obrolan Pajamas Party di rumah sapi. Cuma karena waktu itu bingung gimana daftar nari nya jadi ya jalan di tempat. Untung Nevi kembali ngajak jadi ya di sinilah kita berlima sekarang ini di anjungan Sumatra Utara Taman Mini Indonesia Indah belajar tari daerah untuk lebih mencintai Indonesia :)


With Love,


0 comments:

Post a Comment